• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    BENTUK – BENTUK POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA

    Thumbnail
    View/Open
    Amalia Nur Jayanti - 080910301029_1.pdf (4.461Mb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Amalia Nur Jayanti
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pola asuh merupakan perilaku yang diterapkan orang tua kepada anak, dimana sikap dan perhatian orang tua dalam penelitian ini turut menentukan peningkatan prestasi belajar anak di sekolah. Terdapat macam - macam bentuk pola asuh orang tua, secara umum ada 3 macam bentuk pola asuh yang diterapkan orang tua yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh membiarkan. Pola asuh otoriter yaitu orang tua cenderung memerintah dan memaksa, pola asuh demokratis yaitu orang tua memprioritaskan kepentingan anak akan tetapi tidak ragu-ragu mengendalikan anak dan pola asuh membiarkan yaitu orang tua tidak memberikan perhatian, tidak mampu mengendalikan anak dan lemah dalam mendisiplinkan anak. Jika pola asuh yang diterapkan orang tua cenderung membiarkan, sehingga anak kurang mendapatkan perhatian dari orang tua, berprestasi merupakan suatu hal yang tidak penting bagi seorang anak, karena segala tindakan anak yang salah kurang mendapatkan pengarahan dan pengawasan dari orang tua. Sehingga berprestasi ataupun tidak, merupakan suatu hal yang lumrah dan biasa saja. Bentuk pola asuh orang tua tersebut dapat terjadi karena ada beberapa faktor yang mempengaruhinya diantaranya, seperti faktor sosial budaya, ekonomi dan pendidikan. Orang tua menjadi pendidik yang paling utama, yaitu orang tua menjadi motivator penting dalam belajar anak. Tanggung jawab pendidikan anak bukanlah hanya tugas dari seorang guru melainakan peran orang tualah yang sangat penting dan utama, tidak jarang orang tua yang kurang memberikan perhatian, melepaskan tanggung jawab pendidikan anaknya kepada sekolah atau guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisa bentuk - bentuk pola asuh orang tua dalam peningkatan prestasi belajar siswa di SDN Mrawan 03 Mayang Desa Mrawan Kecamatan Mayang Kabupaten Jember. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive. Jumlah informan pokok ada 4 dan informan tambahan ada 6. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber.Hasil yang diperoleh peneliti dari penelitian tentang bentuk-bentuk pola asuh orang tua dalam peningkatan belajar siswa yaitu 1) Sehingga dapat disimpulkan bahwa, pola asuh yang diterapkan informan pokok dalam keseharian cenderung membiarkan, dimana anak sering membolos sekolah dan jarang melakukan aktivitas belajar. Sehingga anak tidak lancar membaca dan prestasi belajarnya di sekolah tidak mengalami peningkatan yang lebih baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20561
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository