PENGARUH CELEBRITY ENDORSER IKLAN TERHADAP KESADARAN MEREK KARTU PRABAYAR INDOSAT MULTIMEDIA MOBILE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU ADMINISTRASI NIAGA FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Kartu prabayar Indosat MultiMedia Mobile merupakan merek kartu prabayar
seluler GSM (Global Satellite For Mobile Communications) yang di produksi oleh
PT. Indosat. tbk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini
merupakan penelitian asosiatif kausal, yaitu penelitian yang menghubungkan dua
variabel yang bersifat sebab akibat. Obyek penelitian ini yaitu Mahasiswa Program
studi Ilmu Administrasi Niaga Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan
Ilmu Politik Universitas Jember.
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Celebrity Endorser terhadap
kesadaran merek kartu pra bayar IM3 pada Mahasiswa Program Studi Ilmu
Administrasi Niaga Jurusan Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
Universitas Jember. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan incidental
sampling dengan jumlah 50 responden yaitu Mahasiswa pengguna kartu prabayar
IM3 dan yang pernah melihat iklan IM3 yang di bintangi oleh para selebritis . Data
primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden tersebut. Penelitian
dilakukan di Program studi Ilmu Administrasi Niaga Jurusan Ilmu Administrasi
Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Jember. Dari hasil analisis linier
berganda, uji T dan uji F , menujukan variabel independen yang terdiri dari
Kemenarikan (Atractiveness) dan Kredibilitas (Credibility) memiliki pengaruh positif
terhadap kesadaran merek kartu prabayar IM3, artinya dengan semakin besarnya
variabel independen maka kesadaran merek kartu prabayar IM3 akan semakin besar
pula.
Hasil uji t menyebutkan variabel kemenarikan dan kredibilitas memiliki t
hitung lebih dari pada t tabel, sehingga kemenarikan (Atractiveness) dan kredibilitas
(Credibility) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesadaran merek.
Berdasarkan uji F diketahui pengaruh variabel independen yang terdiri dari
kemenarikan (Atractiveness) dan kredibilitas (Credibility) secara simultan berpenaruh
terhadap kesadaran merek sebesar 18,377 dan nilai F hitung tersebut lebih besar
daripada F tabel.