• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR FISIKA DENGAN METODE DEMONSTRASI YANG DILENGKAPI MEDIA LINGKUNGAN PADA SISWA VIIIB SMP NEGERI 13 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (95)xx_1.pdf (280.7Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Rio Tri Setiyawan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Fisika merupakan suatu ilmu yang ditunjukkan untuk mempelajari semua gejala alam. Siswa di sekolah menengah menganggap bahwa pelajaran fisika merupakan pelajaran yang sulit dipahami dan kurang menarik. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya minat dan motivasi untuk mempelajari fisika dengan senang hati. Hal ini dikarenakan penggunaan metode pembelajaran yang cenderung monoton, kurangnya keterlibatan siswa dalam menemukan suatu konsep dalam proses kegiatan belajar mengajar. Hal tersebut juga dialami di kelas VIII-B SMP Negeri 13 Jember yang menunjukkan aktivitas belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini ditunjukkan dari 41 siswa hanya 56% siswa yang memperhatikan penjelasan guru; 12,2% siswa yang bertanya, 61% siswa aktif mencatat, 14,6% siswa menjawab pertanyaan guru, 65,85% siswa mengerjakan tugas. Berdasarkan pada data ulangan harian kelas VIII-B dari 41 siswa hanya 34,14% siswa yang mendapatkan nilai diatas 65, sedangkan 65,8% siswa lainnya mendapatkan nilai kurang dari 65. Berdasarkan permasalahan di atas, maka akan dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran melalui metode demonstrasi yang dilengkapi media lingkungan pada siswa VIII-B SMP Negeri 13 Jember untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, post-test dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Data hasil observasi memperlihatkan bahwa aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan pada siklus 1 telah mengalami peningkatan yaitu besarnya persentase aktivitas belajar siswa secara klasikal mencapai 61,07% dan berada pada kriteria aktif Sedangkan pada aktivitas kelompok mempunyai rata-rata persentasenya adalah 58,33% yang termasuk dalam kriteria cukup aktif. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus 1 ini skor aktivitasnya sebesar 77,77%. Pada siklus 2 aktivitas siswa secara klasikal mengalami peningkatan menjadi 83,32%, persentase tersebut termasuk dalam kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk aktivitas kelompok pada siklus 2 sebesar 83,32%, persentase tersebut termasuk dalam kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus 2 sebesar 88,88%. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya tindakan adalah sebesar 41,02%, pada pembelajaran siklus 1 sebesar 75,67% dan pada siklus 2 sebesar 81,57%. Dari hasil di atas menunjukkan metode demonstrasi yang dilengkapi media lingkungan dapat digunakan sebagai alternatif pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20541
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository