MOTIVASI PENGGUNAAN FACEBOOK OLEH MAHASISWA DI JEMBER
Abstract
Skripsi ini disusun berdasarkan ketertarikan penulis terhadap munculnya Facebook
sebagai situs jejaring sosial yang cukup populer di Indonesia. Hal ini juga terjadi di
kalangan mahasiswa di Jember, dimana Facebook menjadi cara komunikasi alternatif
yang sering digunakan. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji, karena sesuai dengan
statusnya sebagai pelajar, mahasiswa dituntut untuk menjadikan belajar sebagai
motivasi dalam setiap tindakan yang dilakukannya. Akan tetapi pada faktanya seperti
penulis paparkan di atas, dalam penggunaan Facebook ternyata memiliki variasi
kegiatan yang luas. Tidak hanya pada tindakan belajar atau pendidikan semata akan
tetapi juga hal-hal yang lain. Tergantung dari motivasi-motivasi individu masingmasing.
Dimana
bisa
berbeda
antara
satu
dengan
lainnya.
Berkaitan
dengan fenomena di atas, maka fokus penelitian yang ingin penulis kaji
adalah bagaimana motivasi yang tergambar dari aktifitas yang biasa dilakukan oleh
para mahasiswa pengguna Facebook di Jember. Pengguna di kalangan mahasiswa
Facebook-pun juga diperhatikan berdasarkan jumlah akun yang dimiliki. Penulis juga
mencermati bagaimanakah perilaku mereka di dalam Facebook antara satu akun
dengan akun yang lainnya, apakah terdapat perbedaan ataukah tidak. Sedangkan
tujuan yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah: a) Menganalisa motivasi
penggunaan Facebook yang dilakukan para mahasiswa di kota Jember. b) Mengetahui
fenomena yang berkembang dalam aktivitas sosial di dunia maya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Tujuannya adalah agar dapat menjelaskan dan menerangkan fakta-fakta yang
berkaitan pola penggunaan Facebook oleh mahasiswa di kota Jember di dunia virtual.
Teknik penentuan informan yang dipakai dalam penelitian ini secara Purpossive Sampling yakni dimana Informan ditentukan terlebih dahulu sebelum kita melakukan
wawancara.
Sementara itu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara
mendalam, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini, penulis
menggunakan metode deskriptif. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini,
digunakan teknik triangulasi sumber.
Dari hasil penelitian, penulis mendapati fakta bahwa penggunaan Facebook
mempunyai beragam motivasi antara lain: 1) Facebook dengan motivasi permainan.
Dalam hal ini, Facebook digunakan sebagai media untuk memenuhi kebutuhan
mahasiswa di Jember akan rasa senang dan relaks (Play) dan motif pemuasan melalui
indera (Sentience) 2) Facebook dengan motivasi bisnis. Dengan semakin
berkembangnya Facebook, berkembang pula bentuk-bentuk interaksi sosial di
dalamnya. Salah satunya adalah bisnis. Bisnis di dalam Facebook dapat dikategorikan
sebagai sebuah tindakan yang merupakan interpretasi dari kebutuhan atau motif
mahasiwa di Jember akan adanya kemandirian (Autonomy) dan pencapaian
(achievement) ekonomi. 3) Facebook dengan motivasi pendidikan. Bagi mahasiswa
yang menggunakan Facebook dengan motivasi pendidikan dapat dijelaskan bahwa
Facebook adalah suatu media yang mampu memberikan ruang untuk aktifitas
mahasiswa dalam usahanya untuk memenuhi motif keinginan untuk berprestasi
(Achievement). 4) Facebook dengan motivasi organisasi. Facebook banyak juga
digunakan tidak hanya sebagai media interaksi untuk keperluan pribadi, akan tetapi
lebih luas. Kini Facebook juga digunakan untuk menjalankan organisasi. Penggunaan
Facebook sebagai media organisasi ini, dapat dijelaskan bahwa manusia memiliki
motif atau dorongan yang bersifat afiliasi (Affiliation). 5) Facebook dengan motivasi
spiritual. Sebagai makhluk spiritual manusia adalah makhluk yang selalu merasa
gelisah, sehingga senantiasa mencari cara untuk menghilangkan kegelisahan yang
mereka punyai. Dorongan untuk mencari kebahagiaan ini dapat dijelaskan sebagai
motif untuk mencari pemahaman akan hakikat manusia itu sendiri(understanding).