PERSAINGAN BISNIS OTOMOTIF MOTOR DI JEMBER PADA MASA KRISIS TAHUN 1998-2010
Abstract
Karya tulis ini membahas tentang persaingan bisnis berbagai merek otomotif 
motor. Bahan-bahan yang digunakan sebagai kajian penelitian adalah merupakan 
hasil observasi lapangan, hasil interview dan data penjualan dari dealer otomotif 
motor sebagai bahan kajian historis. Penelitian dilakukan guna mengetahui 
bagaimanakah persaingan bisnis otomotif motor dan dampak krisis ekonomi tahun 
1998 terhadap penjualan otomotif motor di Kabupaten Jember. Selain itu, melalui 
penelitian ini, peneliti ingin mengetahui tanggapan masyarakat Kabupaten Jember 
terhadap  eksistensi  berbagai  jenis  merek  otomotif  yang  ditawarkan.  Bisnis 
otomotif motor merupakan bidang usaha yang perkembangan dan eksistensinya 
ditentukan oleh penerimaan pasar terhadap produk yang ditawarkan, sedangkan 
pangsa pasar sendiri ditentukan oleh tanggapan masyarakat atau konsumen 
sebagai pengguna produk yang ditawarkan. Krisis ekonomi yang terjadi membuat 
harga-harga berbagai kebutuhan hidup termasuk transportasi menjadi semakin 
mahal.    Otomotif motor merupakan sarana transportasi dengan konsumsi bahan 
bakar yang irit dan dapat menempuh jarak yang cukup jauh. Krisis ekonomi yang 
terjadi membuat animo masyarakat terhadap otomotif motor tetap tinggi, karena 
selain sebagai solusi mengatasi mahalnya biaya transportasi, otomotif motor 
merupakan sarana transportasi yang ekonomis, efisien, perawatannya mudah dan 
harganya relabih lebih murah apabila dibandingkan dengan alat transportasi 
otomotif lainnya.
