KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMKESMAS BAGIAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Pembangunan  nasional  merupakan  rangkaian  upaya  perubahan  yang 
berkesinambungan   yang meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa dan negara 
untuk melaksanakan tujuan nasional yang tertuang di dalam pembukaan UUD 1945. 
Pembangunan dalam bidang kesehatan merupakan salah satu bagian penting dalam 
pembangunan  nasional.  Pemerintah  sebagai  lembaga  yang  bertanggung  jawab 
terhadap kesehatan masyarakatnya harus dapat memenuhi kewajibanya di dalam 
menyediakan berbagai sarana dan prasarana kesehatan. Pembangunan kesehatan 
berperan dalam meningkatkan kesejahteraan manusia dan sebagai sumber daya 
pembangunan. Menurut data BPS, tingkat derajat kesehatan masyarakat Indonesia 
terutama masyarakat miskin dan tidak mampu masih tergolong rendah. Hal ini 
diakibatkan sulitnya masyarakat miskin maupun kurang mampu untuk mengakses 
pelayanan kesehatan yang dipengaruhi oleh ketidakmampuan secara ekonomi. 
Untuk  mengatasi  rendahnya  hal  tersebut,  pada  tahun 	2008  pemerintah 
membuat program Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Jamkesmas adalah 
program  bantuan  sosial  dari  pemerintah  untuk  memberikan  akses  pelayanan 
kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat miskin dan masyarakat tidak mampu 
yang    berjumlah 76.4 juta jiwa. Dengan adanya program Jamkesmas masalah 
kesehatan masyarakat miskin dapat teratasi. Namun pelaksanaan program Jamkesmas tidak diikuti dengan pelayanan kesehatan yang baik dari pemberi layanan. Masih banyak terdapat masalah-masalah yang berkaitan dengan pelayanan. 
Penelitian ini memfokuskan pada kegiatan pelayanan pada bagian rawat jalan 
di Puskesmas Sumbersari. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan 
dalam pelayanan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana kualitas pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan data kuantitatif selama bulan Februari-Maret 2013. Nonprobability sampling adalah teknik penentuan sampel dengan tidak memberi kesempatan atau peluang yang sama kepada semua anggota populasi dan untuk lebih spesifik lagi menggunakan incidental sampling yaitu dengan mengambil sampel secara kebetulan. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Dalam menganalisa data, penulis  menggunakan  model  ServQual  yang  dimaksudkan  untuk  mengukur kesenjangan antara harapan dengan persepsi pelanggan. 
Hasil penelitian mendapatkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus 
ServQual sebesar -12,5 dengan skor rata-rata tingkat harapan sebesar 81,8 dan skor 
rata-rata tingkat  persepsi sebesar 69,2 yang dapat dikatakan bahwa pelayanan 
kesehatan peserta jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari adalah 
tidak baik karena harapan responden lebih tinggi daripada persepsi yang dirasakan. 
Dengan demikian, tingkat kualitas pelayanan kesehatan peserta jamkesmas bagian 
rawat jalan di Puskesmas Sumbersari terhadap pelanggan dapat dikatakan tidak 
memuaskan dan sangat diperlukan upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan di 
semua dimensi.
