PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) PADA MATA PELAJARAN IPS MATERI MASALAH SOSIAL SISWA KELAS IV SDN TEGAL GEDE 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Abstract
Sekolah sebagai salah satu pusat kegiatan belajar merupakan tempat untuk
mengembangkan aktivitas belajar. Aktivitas belajar siswa merupakan segala kegiatan
yang dilakukan siswa selama siswa mengikuti kegiatan pembelajaran yang telah
disusun berdasarkan rancangan pembelajaran. Aktivitas merupakan prinsip atau asas
yang sangat penting dalam interaksi belajar mengajar. Tanpa adanya aktivitas proses
belajar mengajar tidak dapat berlangsung dengan baik karena pada prinsipnya belajar
adalah berbuat. Aktivitas belajar pada siswa kelas IV SDN Tegal Gede 02 pada mata
pelajaran IPS tergolong kategori rendah, rendahnya aktivitas tersebut ternyata
berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebagai tenaga pendidik harus mampu
memecahkan permasalahan di kelas IV, oleh karena itu peneliti bersama guru sepakat
untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperatif Integrated
Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa pada mata pelajaran IPS materi Masalah Sosial yang merupakan peristiwa yang
terjadi pada masyarakat dan berdampak atau berpengaruh pada masyarakat.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk mengkaji
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC, peningakatan aktivitas dan
hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegal Gede 02 Jember melalui model pembelajaran
CIRC. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus, dimana masing-masing siklus
viii
terdiri dari 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Indikator
aktivitas belajar yang diobservasi antara lain: visual activitis, oral activities, listening
activities, writing activities dan mental activities. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC).
Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegal Gede 02 Jember di Kelas IV pada
mata pelajaran IPS materi Masalah Sosial. Sesuai dengan maksud dan tujuan
penelitian ini, maka untuk daerah penelitian ditetapkan di SDN Tegal Gede 02
kecamatan Sumbersari kabupaten Jember dengan pertimbangan model pembelajaran
yang digunakan pada pelajaran IPS kelas IV di SDN Tegal Gede 02 kurang variatif,
dengan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperatif Integrated Reading and
Composition (CIRC) dapat menjadi salah satu alternatif dalam mengembangkan
model pembelajaran yang interaktif. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini
digunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Cooperatif Integrated Reading and Composition (CIRC)
aktivitas belajar siswa secara klasikal untuk tiap-tiap pertemuan mengalami
peningkatan. Pada siklus I , aktivitas siswa mencapai 42% siswa aktif. Siklus II
aktivitas siswa mencapai 52% siswa aktif. Aktivitas yang paling rendah dilakukan
siswa adalah bertanya dan mengeluarkan pendapat. Aktivitas siswa yang paling tinggi
adalah diskusi dalam kelompok. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa kelas IV
SDN Tegal Gede 02 pada siklus I adalah 68% dan siklus II adalah 87%. Persentase
peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Tegal Gede 02 pada siklus I 67% dan
siklus II 96%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar siswa
kelas IV mengalami ketuntasan belajar secara klasikal dan terjadi peningkatan hasil
belajar siswa seiring dengan peningkatan aktivitas belajar siswa.