• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGALAMAN MENGAJAR DAN INSENTIF TERHADAP KINERJA GURU DI SMA MUHAMMADIYAH 3 JEMBER TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-restuyunia-6787-1-restuy.-i_1.pdf (228.6Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    YUNIAR ANGGRAINI, RESTU
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Ada banyak hal yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya yaitu pengalaman mengajar dan insentif. Dengan pengalaman mengajar guru tentu lebih menguasai bidangnya, hal ini disebabkan karena dengan pengalaman mengajar, guru dapat memiliki berbagai macam keterampilan, keahlian, dan kemampuan yang diperlukan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Demikian juga halnya dengan insentif, dengan adanya insentif akan dapat menambah semangat para guru dalam mendidik para siswa untuk menjadikannya berprestasi, sehingga nantinya para guru bisa memperoleh insentif. Sesuai dengan permasalahan yang ada maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pengalaman mengajar dan insentif terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 3 Jember, dan mana diantara kedua variabel tersebut yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kinerja guru. Adapun hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh yang signifikan pengalaman mengajar dan insentif terhadap kinerja guru, dan pengalaman mengajar mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap kinerja guru di SMA Muhammadiyah 3 jember. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan jumlah responden menggunakan metode populasi sebanyak 51 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, analisis varian garis regresi, uji F, uji T. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel pengalaman mengajar dan insentif mempengaruhi kinerja guru yaitu sebesar 83,1%. Sedangkan jika dihitung secara parsial, kinerja guru lebih banyak dipengaruhi oleh pengalaman mengajar yaitu sebanyak 49,18% dibandingkan dengan pengaruh insentif yang hanya sebesar 33,93%. Hal ini dikarenakan dengan memiliki wawasan yang luas dan banyak latihan-latihan dalam mengajar dan mengelola kelas, seorang guru lebih mampu menguasai keadaan yang dihadapi di dalam kelas. Berpedoman pada hipotesa yang telah disusun, maka dinyatakan salah satu variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja guru yaitu, variabel pengalaman mengajar dengan 49,18%. Dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang dilakukan dapat membuktikan bahwa pengalaman mengajar dan insentif mempunyai pengaruh terhadap kinerja guru.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20452
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15446]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository