• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Pharmacy
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP TERHADAP PELAYANAN RESEP DI INSTALASI FARMASI RSD dr. SOEBANDI JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Unlock-gdlhub-gdl-restuwiday-9892-1-restuwi-u_1.pdf (260.0Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Widayu, Restu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan merupakan hak asasi manusia, karena itu setiap orang mempunyai hak untuk hidup layak, baik dalam kesehatan pribadi maupun keluarganya termasuk didalamnya mendapatkan pelayanan kesehatan. Dua macam tindakan yang seringkali dilakukan manusia ketika mengalami gangguan kesehatan yaitu pergi ke dokter atau pelaku kesehatan dan melakukan swamedikasi. Mutu pelayanan kesehatan akan menjadi lebih baik kalau masing-masing profesi kesehatan memberikan pelayanannya kepada pasien didasarkan pada standar profesi, etika dan norma masing-masing. Menurut undang-undang, pihak yang mempunyai kewenangan untuk menyelenggarakan pelayanan kefarmasian adalah farmasis. Paradigma pelayanan farmasi yang sekarang berkembang adalah pelayanan kefarmasian yang didasarkan pada filosofi “pharmaceutical care”, asuhan kefarmasian adalah tanggung jawab profesi dalam hal farmakoterapi dengan tujuan untuk mencapai keluaran yang dapat meningkatakan atau menjaga kualitas hidup pasien. Kepuasan pasien atau disebut sebagai kepuasan pelanggan (customer satisfaction) dapat diukur dengan menggunakan lima dimensi penilaian yaitu bukti langsung (tangibles) yang dalam hal ini adalah meliputi kebersihan dan kenyaman ruang tunggu, ketanggapan (responsiveness) yang dalam hal ini adalah pelayanan kepada pasien dengan cepat dan tepat, kehandalan (reliability) yang dalam hal ini adalah pemberian informasi obat, jaminan (assurance) yang meliputi kemampuan memberikan kepercayaan dan kebenaran atas pelayan kepada pasien serta mencakup kelengkapan dan keterjangkuan harga obat, empati (empathy) yaitu kemampuan membina hubungan, yang dalam hal ini ditunjukkan oleh keramahan petugas apotek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi pelayanan resep, mengidentifikasi harapan dan persepsi pasien terhadap mutu pelayanan resep pasien rawat inap di instalasi farmasi rumah sakit daerah dr. Soebandi Jember ditinjau dari lima dimensi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan waktu penelitian secara cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random secara langsung terhadap pasien rawat inap rumah sakit daerah dr. Soebandi Jember yang menebus resep di instalasi farmasi pada bulan april 2012. Pelaksanaannya dengan membagikan kuisioner berisi 15 pertanyaan harapan dan kenyataan tentang pelayanan kefarmasian. Jumlah responden yang diteliti sebanyak 106 responden, didapatkan dari perhitungan menggunakan rumus Lwanga Lemeshow. Dari penelitian diperoleh hasil dengan menggunakan analisa kuadran berdasarkan item pertanyaan yaitu tidak terdapat item pertanyaan dan dimensi yang masuk dalam kuadran A (prioritas utama), 9 item pertanyaan masuk dalam kuadran B (pertahankan kinerja) terdiri dari dimensi Tangible, Reliabilty, Assurance dan Empathy, 5 item pertanyaan masuk dalam kuadran C (prioritas rendah) terdiri dari dimensi Tangible, Reliability dan Responsiveness dan 1 item pertanyaan masuk dalam kuadran D (kelebihan kinerja) dimensi tangible. Kondisi pelayanan resep di instalasi farmasi rumah sakit daerah dr. Soebandi Jember dikategorikan baik karena tingkat kepuasan cukup puas dan sangat puas. Dengan nilai interpretasi harapan 4.04 dan kenyataan 3.65 yang mempunyai nilai 0.90 yaitu sangat puas. Berdasarkan status pasien Askes dan Jamsostek memiliki nilai interpretasi sangat puas, pasien dengan status Umum memiliki nilai interpretasi cukup puas dan sangat puas begitu juga dengan pasien status Jamkesmas memiliki nilai interpretasi cukup puas dan sangat puas.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20447
    Collections
    • UT-Faculty of Pharmacy [1518]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository