Show simple item record

dc.contributor.authorNurfa Vera Yunita
dc.date.accessioned2014-01-22T01:48:32Z
dc.date.available2014-01-22T01:48:32Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM070210302082
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20441
dc.description.abstractBanyak yang mengenal Soekarno sebagai salah satu tokoh besar yang terkenal karena pemikirannya yang cemerlang, selalu memiliki keberanian untuk membuat suatu gebrakan baru dalam hal pemikiran, baik pemikiran dalam aspek politik, sosial, ekonomi. Kepandaian dan kelihaian dalam berbagai bidang tidak lahir begitu saja tetapi kepandaian tersebut diperoleh dari sosio kultural yaitu konteks Soekarno berada yang kemudian membentuknya menjadi pribadi yang baru Pemikiran Soekarno tidak hanya berkisar dalam aspek ekonomi, sosial, dan politik, tetapi juga membahas masalah agama Islam. Selama ini masyarakat Indonesia hanya mengenal pemikiran Soekarno mengenai politik, social, dan ekonomi tidak banyak yang tahu bahwa Soekarno memiliki pemikiran yang luar biasa mengenai Islam . Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana kondisi lingkungan sosial yang mempengaruhi pemikiran Soekarno dalam pengembangan Islam?; (2) Bagaimana pemikiran Soekarno tentang Islam di Indonesia?. Sedangkan tujuan yang ingin dicapai oleh penulis adalah: (1) Mengetahui dan mengkaji secara mendalam tentang bagaimana mengetahui kondisi lingkungan sosial yang mempengaruhi pemikiran Soekarno dalam pengembangan Islam; (2) Mengetahui dan mengkaji pemikiran Soekarno tentang Islam di Indonesia . Adapun manfaat yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagi Peneliti sebagai sarana latihan dalam melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah, latihan berfikir dan memecahkan masalah secara kritis dan logis, memperdalam pengetahuan tentang vii pe m i ki ra n S oe ka rno m e nge n a i Is l a m ; (2) Ba gi Il m u P e nge t a hua n, da pa t m e na m ba h pe rbe nda ha ra a n i l m u a ga m a Is l a m m e nurut ve rs i S oe ka rno s e rt a pe nge m ba nga n i l m u s e j a ra h di Indone s i a um um n y a ; (3) Ba gi M a ha s i s w a da n c a l on guru s e j a ra h da pa t m e n a m ba h pe ngua s a a n m a t e ri s e j a ra h i nt e l e kt ua l ; (4) Ba gi A l m a m a t e r, s e ba ga i s a l a h s a t u pe l a ks a na a n T ri D ha rm a P e rgurua n T i nggi y a i t u m e l a ks a na ka n pe ne l i t i a n, s e hi ngga da pa t di j a di ka n s e ba ga i re fe re ns i ka j i a n i l m u pe nge t a hua n da n m e n e ra pka n i l m u y a n g di da pa t ka n da ri ke gi a t a n pe rkul i a ha n. P e ne l i t i a n i ni m e ngguna ka n M e t ode P e ne l i t i a n S e j a ra h de nga n l a ngka hl a ngka h: he uri s t i k, kri t i k, i nt e rpre t a s i da n hi s t ori ogra fi . P e nde ka t a n y a n g di guna ka n unt uk m e ngka j i pe rm a s a l a ha n y a i t u P e nde ka t a n S os i ol ogi P e nge t a hua n. S e da ngka n t e kni k pe ngum pul a n s um be r y a n g di guna ka n y a i t u de nga n m e ngguna ka n t e kni k obs e rva s i , dokum e nt a s i . S um be r y a ng di guna ka n da l a m pe ne l i t i a n i ni y a i t u s um be r t e rt ul i s be rupa buku-buku y a n g re l e va n de nga n pe rm a s a l a h a n y a ng di t e l i t i . P e nul i s m e nggun a ka n s um be r pri m e r da n s e kunde r. S um be r pri m e r be rupa buku y a n g di t ul i s ol e h ora ng y a n g m e nga l a m i pe ri s t i w a y a ng di c e ri t a ka n, s e da ngka n s um be r s e kunde r a da l a h buku pe nunj a ng K e s i m pul a n y a n g da pa t di a m bi l s e c a ra ga ri s be s a r da l a m pe ne l i t i a n i ni a da l a h P e m i k i ra n S oe ka rno t e nt a ng Is l a m ba ny a k m e nda pa t i ns pi ra s i da ri T okoh-t okoh pe m b a ha ru Is l a m , m i s a l n y a J a m a l udd i n A l -A fgha ni , M uha m m a d A bduh, Ra s y i d Ri dha s e rt a ge ra ka n pe m ba ha ru da ri Indi a . M uha m m a d A bduh m e m be ri ka n i ns pi ra s i ke pa da S oe ka rno ba hw a pe m i ki ra n m ode rn ha ru s di ke m ba ngka n, he nda kny a t i da k ha n y a m e ng i kut i s ua t u pa ha m t a npa t a hu da l i l a t a u a l a s a nn y a m i s a l ha ny a be rga nt ung pa da pe m i k i ra n y a n g s uda h a da , s e ha rus ny a a da u s a ha s ungguh-s ungguh y a n g di l a kuka n pa ra a hl i a ga m a unt uk m e nc a p a i s ua t u ke s i m pul a n m e ng e na i ka s us y a n g pe n y e l e s a i a nn y a be l u m t e rt e ra da l a m A l -Q ura n da n s una h t e nt a ng hukum Is l a men_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210302082;
dc.subjectPemikiran Soekarno tentang Islamen_US
dc.titlePemikiran Soekarno tentang Islam Tahun 1915-1966en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record