Penerapan Metode Accelerated Teaching pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VII SMP
Abstract
Metode Accelerated Teaching merupakan suatu metode mengajar yang memungkinkan siswa dapat belajar secara alamiah dengan menggunakan teknikteknik belajar yang cocok dengan karakter dirinya sehingga mereka akan merasakan bahwa belajar itu menyenangkan, efektif, dan cepat. Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan, yaitu bagaimana efektivitas pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010, bagaimana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching, dan bagaimana sikap siswa terhadap
pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010, mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching, dan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di SMP Negeri
2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu atau quasi experiment model group pre-test and post-test design sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan
angket. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara, hasil tes dan angket siswa. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan adalah efektivitas pembelajaran fisika sebesar 96,39%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching pada
siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010 menunjukkan kategori efektif, aktivitas belajar siswa menunjukkan kategori baik, dan sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching juga menunjukkan kategori baik.