• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Penerapan Metode Accelerated Teaching pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas VII SMP

    Thumbnail
    View/Open
    A (265)xc_1.pdf (390.5Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Hidayah Dwi Cahyono
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode Accelerated Teaching merupakan suatu metode mengajar yang memungkinkan siswa dapat belajar secara alamiah dengan menggunakan teknikteknik belajar yang cocok dengan karakter dirinya sehingga mereka akan merasakan bahwa belajar itu menyenangkan, efektif, dan cepat. Dalam penelitian ini terdapat tiga permasalahan, yaitu bagaimana efektivitas pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010, bagaimana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching, dan bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana efektivitas pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010, mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa pada pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching, dan untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian semu atau quasi experiment model group pre-test and post-test design sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan angket. Data yang dikumpulkan berupa aktivitas siswa selama pembelajaran, hasil wawancara, hasil tes dan angket siswa. Kesimpulan yang didapat dari hasil analisis data dan pembahasan yang dilakukan adalah efektivitas pembelajaran fisika sebesar 96,39%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching pada siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Maesan Bondowoso tahun ajaran 2009-2010 menunjukkan kategori efektif, aktivitas belajar siswa menunjukkan kategori baik, dan sikap siswa terhadap pembelajaran fisika dengan metode accelerated teaching juga menunjukkan kategori baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20399
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository