Show simple item record

dc.contributor.authorNur Fahita
dc.date.accessioned2014-01-22T01:28:54Z
dc.date.available2014-01-22T01:28:54Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM082110101021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20390
dc.description.abstractUpaya pemenuhan kebutuhan dan harapan pelanggan dapat menciptakan peningkatan jumlah pemanfaatan pelayanan bahkan pelanggan yang loyal, sehingga pihak penyedia pelayanan termasuk rumah sakit merasa penting untuk melakukan pemasaran. Untuk mengetahui jumlah pemanfaatan pelayanan di rumah sakit, salah satunya dengan menggunakan indikator BOR (Bed Occupancy Rate). Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi Jember merupakan rumah sakit kelas B pendidikan milik pemerintah Kabupaten Jember yang telah terakreditasi 16 pelayanan, namun dalam kenyataannya indikator BOR dalam tiga tahun terakhir belum dapat mencapai standar ideal yang ditetapkan oleh Johnson (1976) maupun Muninjaya (2004) yaitu sebesar 75-85%. Hal ini menunjukkan bahwa masih kurangnya tingkat pemanfaatan pelayanan kesehatan di instalasi rawat inap RSD dr. Soebandi Jember. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara bauran pemasaran yang terdiri dari promosi, harga, proses, orang, dan bukti fisik dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap RSD dr. Soebandi Jember. Penelitian ini merupakan penelitian analitik yang berdasarkan waktunya termasuk penelitian cross sectional. Penelitian ini berlokasi di kelas perawatan (I, II, dan III) Instalasi Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jember. Sampel yang dibutuhkan sebanyak 96 responden, dimana pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling. Data hasil penelitian selanjutnya dianalisis menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 96 responden penelitian, sebagian besar responden (51,04%) menilai kurang atas bauran promosi dan sebagian besar responden (97,92%) menilai cukup atas bauran harga. Selanjutnya, sebagian besar responden (88,54%) menilai cukup atas bauran proses dan bauran bukti fisik, serta sebagian besar responden pun (95,83%) menilai cukup atas bauran orang. Sedangkan terkait dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap, mayoritas responden (57,29%) melakukannya dengan baik. Berdasarkan analisis hasil penelitian dengan menggunakan uji korelasi untuk mengetahui hubungan antara bauran promosi dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap, diperoleh nilai p value = 0,046 < nilai alpha (α = 0,05) sehingga Ho ditolak dengan interpretasi ada hubungan. Selanjutnya, untuk mengetahui hubungan antara bauran harga dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap, diperoleh nilai p value = 0,003 < nilai alpha (α = 0,05) sehingga Ho ditolak dengan interpretasi ada hubungan. Sedangkan, berdasarkan analisis hasil penelitian hubungan antara bauran proses, bauran orang, dan bauran bukti fisik dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap yang menggunakan uji korelasi, diperoleh hasil bahwa Ho diterima dengan interpretasi tidak ada hubungan antara bauran proses, bauran orang, dan bauran bukti fisik dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah ada hubungan antara bauran promosi dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap RSD dr. Soebandi Jember, ada hubungan antara bauran harga dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap RSD dr. Soebandi Jember, serta tidak ada hubungan antara bauran proses, bauran orang, dan bauran bukti fisik dengan proses pengambilan keputusan pemanfaatan pelayanan rawat inap RSD dr. Soebandi Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries082110101021;
dc.subjectantara Bauran Pemasaran dengan Proses Pengambilan Keputusan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inapen_US
dc.titleHubungan antara Bauran Pemasaran dengan Proses Pengambilan Keputusan Pemanfaatan Pelayanan Rawat Inap RSD dr. Soebandi Jemberen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record