PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RESOURCE BASED LEARNING DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Siswa Kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember Tahun Pelajaran 2011/2012)
Abstract
Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya
perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan.
Upaya untuk meningkatkan mutu, efesien, dan efektivitas pendidikan nasional baik
secara makro maupun mikro telah dan sedang dilaksanakan melalui perubahan
kebijakan pendidikan. Perubahan itu meliputi standarisasi termasuk penyempurnaan
kurikulum, sistem pengajaran, peningkatan kinerja guru serta pengadaan fasilitas dan
sumber belajar dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah proses interaksi antara
peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.
Salah satu cara perubahan tersebut yaitu menggunakan model pembelajaran
Resource Based Learning. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan model
pembelajaran Resource Based Learning perlu diringi suatu penilaian (assessment)
yaitu authentic assessment. Menurut Johnson Authentic assessment adalah suatu
penilaian belajar yang merujuk pada situasi atau konteks “dunia nyata”, yang
memerlukan berbagai macam pendekatan untuk memecahkan masalah yang memberikan kemungkinan bahwa satu masalah dapat mempunyai lebih dari satu permasalahan.
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model
pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap
motivasi belajar Biologi siswa kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember
vii
tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model pembelajaran Resource
Based Learning dengan authentic assessment terhadap Hasil belajar Biologi siswa
kelas X Semester II SMA Negeri Kalisat - Jember tahun pelajaran 2011/2012.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment terhadap
motivasi dan hasil belajar biologi di SMA Negeri Kalisat- Jember. Dalam
pelaksanaannya, penelitian ini dilaksanakan menggunakan quasi eksperimental
pretest-postest pada kelas X SMA Negeri Kalisat- Jember. Kegiatan pengumpulan
data dilakukan dengan pengukuran angket motivasi ARCS, tes hasil belajar siswa,
observasi mengajar, dokumentasi, pengumpulan tugas, dan wawancara terhadap guru
maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan uji normalitas
menggunakan One-Sample Kolmogrov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan
Uji homogenitas (Uji Levene Statistic), dan analisis kovarian (ANAKOVA) terhadap
data hasil penelitian.
Analisis terhadap motivasi siswa terdiri dari empat aspek yaitu Attention,
Relevance, Confidence, dan Satisfaction. Analisis terhadap data nilai dari keempat
aspek taraf signifikasinya < 0,05. Dengan demikian H0 ditolak, jadi perlakuan pada
kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Hasil kedua
analisis tersebut menunjukkan penggunaan model pembelajaran Resource Based
Learning dengan authentic assessment memberikan pengaruh positif dalam
meningkatan nilai motivasi siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran
Resource Based Learning dengan authentic assessment memberikan pengaruh yang
lebih signifikan terhadap kenaikan hasil belajar kognitif authentic assessment.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran Resource Based Learning dengan authentic assessment di SMA Negeri Kalisat-Jember dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi.