PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE STRUKTURAL MODEL NUMBER HEAD TOGETHER GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN EKONOMI
Abstract
embelajaran Kooperatif Metode Stuktural Model
Number Head Together
salah satu Model Pembelajaran yang meningkatkan pemahaman dan penguasaan
materi serta daya ingat siswa melalui proses belajar kelompok sehingga dapat
menimbulkan suasana belajar yang menyenangkan dan bersemangat. Penomoran,
Pengajuan Pertanyaan, berfikir bersama dan pemberian jawaban merupakan rentetan
dan tahap yang dilakukan dalam proses pembelajaran Kooperatif Metode Struktural
Model
Number Head Together. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas 8c semester genap di SMP Negeri 1
Gumukmas Jember Tahun Ajaran 2006/207. Penelitian ini dilaksanakan dalam suatu
siklus yang meliputi Perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Metode
pengummpulan data adalah metode Observasi, Wawancara dan Tes. Berdasarkan
hasil Penelitian yang disimpulkan bahwa dengan Pembelajaran Kooperatif Metode
xiv
Struktural Model Number Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa
pada mata Pelajaran Ekonomi Studi kasus di kelas 8c semester genap Tahun Ajaran
2006/2007 yang ditunjukan dari hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar
klasikal 85.71% tercapai pada siklus II.