• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BATIK TULIS SUMBERSARI BERDASARKAN ANALISIS BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA UD DIASRI MAESAN BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    gdlhub- (133)_1.pdf (178.3Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    Khoirul Anam
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mempunyai tujuan ingin memetakan dan mengelompokkan posisi tiap jenis produk dalam matrik Boston consulting Group serta menentukan strategi pemasaran masing-masing produk sesuai dengan analisis Boston Consulting Group. Analisis data yang digunakan untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini yaitu masing-masing produk dicari dengan membandingkan volume penjualan batik tulis UD. Diasri Maesan Bondowoso dengan volume penjualan perusahaan pesaing pokok. Pemetaan tersebut dilakukan untuk dapat mengetahui posisi msing-masig produk dalam matrik Boston Consulting Group. Kesimpulan dari penelitian menggunakan analisis Boston Consulting Group (BCG) yang telah dilakukan pada tiga jenis produk batik tulis sumbersari UD. Diasri Maesan Bondowoso antara lain Produk Batik Tulis untuk tahun 2007 diketahui Tingkat permintaan pasar sebanyak 331.2 unit. Tingkat Pertumbuhan Produk dalam Prosentas sebesar 0.78 %. Pangsa pasar relatifsebesar 1.16 X bila dibandingkan dengan pasar pada umumnya. Pangsa pasar yang diraih sebesar 64.46 %. Dengan demikian dalam Matrik Boston Consulting Group (BCG) produk batik tulis berada pada posisi Cash Cow .yaitu produk yang berada pada pasar yang tingkat pertumbuhan produknya rendah dan pangsa pasar relatifnya tinggi, strategi yang dilakukan ialah memperhatikan harga jual produk. Produk Lukisan Batik untuk tahun 2007 diketahui Tingkat permintaan pasar sebanyak 227.5 unit. Tingkat Pertumbuhan Produk dalam Prosentas sebesar 10.6 %. Pangsa pasar relative sebesar 0.97 X bila dibandingkan dengan pasar pada umumnya. Pangsa pasar yang diraih sebesar 53.78 %. Dengan demikian dalam Matrik Boston Consulting Group (BCG) produk Lukisan batik berada pada posisi Question Mark yaitu memiliki pertumbuhan sangat tinggi, pangsa pasar relatif rendah, strategi yang dilakukan ialah meningkatkan promosi agar produk lukisan batik mampu tumbuh pada pasar yang relatif tinggi. Produk Selendang Sutra untuk tahun 2007 diketahui Tingkat permintaan pasar sebanyak 356.5 unit. Tingkat Pertumbuhan Produk dalam Prosentas sebesar 15.67 %. Pangsa pasar relative sebesar 1.34 X viii bila dibandingkan dengan pasar pada umumnya. Pangsa pasar yang diraih sebesar 57.43 %. Dengan demikian dalam Matrik Boston Consulting Group (BCG) produk Selendang Sutra berada pada posisi Star Produk yaitu memiliki pertumbuhan sangat tinggi, pangsa pasar tinggi, strategi yang dilakukan ialah memperhatikan saluran distribusi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20301
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12433]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository