Show simple item record

dc.contributor.authorKhoirotun Ni’mah
dc.date.accessioned2014-01-22T00:51:16Z
dc.date.available2014-01-22T00:51:16Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM050210191091
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20289
dc.description.abstractSoal cerita merupakan salah satu dari beberapa persoalan yang dihadapi siswa, oleh karenanya dalam memecahkan soal cerita siswa perlu memiliki beberapa kemampuan yakni (1) kemampuan menentukan hal yang diketahui dalam soal, (2) kemempuan menentukan hal yang ditanyakan dalam soal, (3) kemampuan membuat model matematika, (4) kemampuan melakukan komputasi, dan (5) kemampuan menginterpretasikan jawab model ke permasalahan semula. Problem posing, CIRC adalah beberapa alternatif pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita. Problem posing dapat meningkatkan kemampuan berfikir siswa, sedangkan CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca isi yang terkandung dalam sebuah cerita seta dapat meningkatkan kemampuan menuliskan penyelesaiannya Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan pada 3 kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 1 (menggunakan model problem posing), kelas VIII B sebagai kelas eksperimen 2 (menggunakan model cooperative integrated reading and compotition), dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara acak yang sebelumnya diketahui bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki tingkat homogenitas yang sama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan tes menyelesaikan soal cerita. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan hasil penelitian yang diperoleh dari observasi dan tes menyelesaikan soal cerita, sedangkan ix analisis inferensial yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan oleh peneliti yakni mengunakan uji ANOVA dan uji T. Berdasarkan analisa sebelumnya telah diperoleh bahwa hasil tes pada ketiga kelas terdistribusi normal. Untuk analisa selanjutnya dilakukan uji ANOVA. Berdasarkan hasil analisa data dengan SPSS 16 dapat dilihat dari hasil tes dengan Fhitung sebesar 20,700, yang kemudian dikonsultasikan dengan harga Ftabel dengan db = 116 yaitu Ftabel = 3,0748 dengan demikian maka Fhitung > Ftabel sehingga hipotesis nihil (Ho) ditolak, artinya ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Analisa selanjutnya adalah uji T. Berdasarkan hasil analisa dengan data SPSS 16 diperoleh hasil bahwa thitung antara kelas E1 dengan kelas E2 adalah 6,527 dengan probabilitas 0,000 oleh karena probabilitas < 0,01 maka H0 ditolak, artinya rata-rata kedua sampel adalah tidak identik atau rata-rata nilai post-test pada kelas E1 dan E2 adalah berbeda secara nyata. Analisa data antara kelas E1 dengan K diperoleh hasil thitung adalah 3,775 dengan probabilitas 0,000 oleh karena probabilitas < 0,01 maka H0 ditolak, artinya rata-rata nilai post-test pada kelas E1 dan K adalah berbeda secara nyata. Analisa data antara kelas E2 dengan K diperoleh hasil thitung adalah -2,814 dengan probabilitas 0,006 oleh karena probabilitas < 0,01 maka H0 ditolak, artinya rata-rata nilai post-test pada kelas E2 dan K adalah berbeda secara nyata. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil analisis data dan pembahasan adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar model pembelajaran Problem Posing dengan Cooperative Integrated Reading and Compotition Solving serta siswa yang diajar model konvensional dalam menyelesaikan soal cerita sub pokok bahasan volume bangun ruang sisi datar kelas VIII SMPN 1 rambipuji semester 2 tahun pelajaran 2009/2010. Hasil belajar yang paling baik adalah ratarata post-test kelas eksperimen 2 yakni kelas VIII B (kelas yang diajar menggunakan model CIRC) karena rata-rata Kelas VIII B (78,3125) > kelas VIII C (69,3125) > kelas VIII D (55,1923).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210191091;
dc.subjectPERBANDINGAN HASIL BELAJARen_US
dc.titlePERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PROBLEM POSING DAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION SERTA KONVENSIONAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record