• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN TEORI ATRIBUSI WEINER PADA MODEL THINK-PAIRSHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII A Semester Genap di SMP Kristen Imanuel Situbondo Tahun Ajaran 2007/2008)

    Thumbnail
    View/Open
    LIA GUSTUTUS DEWI FAJAR SANTHI WIJAYA KUSUMA_001.pdf (21.37Kb)
    Date
    2014-01-22
    Author
    LIA GUSTUTUS DEWI FAJAR SANTHI WIJAYA KUSUMA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Matematika merupakan merupakan dasar pengembangan bagi ilmu pengetahuan lain. Karena itu matematika diberikan sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, dengan tujuan, untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. Sehingga, harus ada peningkatan kualitas pendidikkan untuk dapat mengejar perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang maju dengan pesat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan Teori Atribusi Weiner pada model Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dan mengetahui ketuntasan hasil belajar pada siswa kelas VII A SMP Kristen Imanuel Situbondo Tahun Ajaran 2007/2008 yang berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan Teori Atribusi Weiner pada model Think-Pair-Share dapat berjalan dengan baik pada siswa SMP Kristen Imanuel Situbondo. Siswa lebih mudah memahami materi, lebih aktif serta berani mengungkapkan pendapatnya. Karena di dalam proses pembelajaran faktor-faktor ekstrinsik dan intrinsik siswa sangat diperhatikan. Ketuntasan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, sebelum menerapkan Teori Atribusi Weiner pada model Think-Pair-Share ketuntasannya hanya mencapai 40%, namun setelah menerapkan Teori Atribusi Weiner pada model Think-Pair-Share ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 80%, sedangkan pada siklus II dapat mencapai 87% sedangkan 13% lainnya mengalami ketuntasan karena karena faktor ekstrinsik dan intrinsik siswa yaitu kurang memahami materi, tergesa-gesa mengerjakan soal, soal yang sulit, dan kesehatan yang kurang baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20265
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository