PENERAPAN TEORI ATRIBUSI WEINER PADA MODEL THINK-PAIRSHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA ( Studi Kasus pada Mata Pelajaran Matematika Kelas VII A Semester Genap di SMP Kristen Imanuel Situbondo Tahun Ajaran 2007/2008)
Abstract
Matematika merupakan merupakan dasar pengembangan bagi ilmu pengetahuan lain.
Karena itu matematika diberikan sejak Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi,
dengan tujuan, untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi
serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis, kreatif dan mandiri. Sehingga,
harus ada peningkatan kualitas pendidikkan untuk dapat mengejar perkembangan
ilmu pengetahuan dan tekhnologi yang maju dengan pesat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penerapan Teori
Atribusi Weiner pada model Think-Pair-Share dalam pembelajaran matematika dan
mengetahui ketuntasan hasil belajar pada siswa kelas VII A SMP Kristen Imanuel
Situbondo Tahun Ajaran 2007/2008 yang berjumlah 15 orang. Metode pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes, dan
wawancara. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah pelaksanaan penerapan Teori Atribusi Weiner pada model
Think-Pair-Share dapat berjalan dengan baik pada siswa SMP Kristen Imanuel
Situbondo. Siswa lebih mudah memahami materi, lebih aktif serta berani
mengungkapkan pendapatnya. Karena di dalam proses pembelajaran faktor-faktor
ekstrinsik dan intrinsik siswa sangat diperhatikan. Ketuntasan hasil belajar siswa
mengalami peningkatan, sebelum menerapkan Teori Atribusi Weiner pada model
Think-Pair-Share ketuntasannya hanya mencapai 40%, namun setelah menerapkan Teori Atribusi Weiner pada model Think-Pair-Share ketuntasan hasil belajar siswa
pada siklus I mencapai 80%, sedangkan pada siklus II dapat mencapai 87%
sedangkan 13% lainnya mengalami ketuntasan karena karena faktor ekstrinsik dan
intrinsik siswa yaitu kurang memahami materi, tergesa-gesa mengerjakan soal, soal
yang sulit, dan kesehatan yang kurang baik.