dc.description.abstract | Segala sesuatu dalam kehidupan di dunia ini diatur dalam Al-Qur’an. Al-Qur’an
adalah sumber dari segala macam ilmu dan hukum baik yang berhubungan dengan duniawi
maupun ukhrawi. Untuk menumbuhkan nilai-nilai keislaman pada pelajar atau peserta
didik, perlu adanya program yang memadukan antara pelajaran umum dengan
mengintegrasikan nilai-nilai agama pada setiap kegiatan belajar mengajar, salah satunya
adalah mengintegrasikan Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam setiap kegiatan pembelajaran salah
satunya adalah pembelajaran Biologi. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui
keterkaitan antara Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pelajaran Biologi dengan
peningkatan hasil belajar siswa dalam bidang studi biologi dan Untuk mengetahui
keterkaitan antara Integrasi Ayat-Ayat dalam pelajaran Biologi dengan peningkatan
motivasi siswa dalam belajar biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah
metode dokumentasi, observasi, angket dan tes. Data yang diperoleh dari hasil belajar
adalah berupa aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dan data yang diperoleh dari
angket motivasi berupa skor motivasi. Data-data tersebut dianalisis menggunakan T-tes.
Perbedaan tampak pada hasil ketuntasan siswa pada siklus I ke siklus II. Persentase
ketuntasan Untuk aspek kognitif pada siklus I sebesar 73,5% dan pada siklus II sebesar
94,1% berarti mengalami peningkatan sebesar 20,6%. Untuk aspek psikomotorik,
persentase ketuntasan siswa siklus I sebesar 76,5% dan pada siklus II sebesar 97% berarti
mengalami peningkatan sebesar 20,5%. Untuk aspek afektif persentase ketuntasan siswa
siklus I sebesar 70,9% dan pada siklus II sebesar 85,3% berarti mengalami peningkatan
viii
sebesar 14,4%. Untuk nilai motivasi, untuk Attitude (perhatian), rata-rata kenaikan jumlah
skor adalah 35,5. Besarnya signifikan adalah 0,000 yang berarti 0,05. hal ini
menunjukkan bahwa Ho ditolak, H1 diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian
ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan peningkatan perhatian siswa terhadap
pembelajaran biologi. Untuk Relevance (keterkaitan) didapatkan jumlah rata-rata kenaikan
skor adalah 23,11. Besarnya signifikan adalah 0,000 yang berarti 0,05%. hal ini
menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian
ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan keterkaitan antara pelajaran yang
dipelajari siswa dengan yang disampaikan oleh guru. Untuk Convidence (Percaya diri)
didapatkan jumlah rata-rata kenaikan skor adalah 14,87. Besarnya signifikan adalah 0,000
yang artinya 0,05%. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, artinya
adanya pengaruh pengintegrasian ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran biologi dengan
peningkatan kepercayaan diri siswa terhadap hasil belajarnya. Dan untuk Satisfaction
(Kepuasan) didapatkan jumlah rata-rata kenaikan skor adalah 29,72. Besarnya signifikan
adalah 0,000 yang berarti 0,05%. hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan H1
diterima, artinya adanya pengaruh pengintegrasian ayat Al-Qur’an dalam pembelajaran
biologi dengan peningkatan kepuasan siswa terhadap materi yang diberikan oleh guru.
Pengintegrasian Ayat-Ayat Al-Qur’an dalam pelajaran Biologi dapat meningkatkan hasil
belajar biologi siswa bab dunia tumbuhan serta dapat meningkatkan motivasi siswa untuk
belajar biologi dengan hasil yang sangat signifikan yaitu dengan nilai signifikan 0 yang
berarti Ho ditolah dan H1 diterima dalam artian pengintegrasian Ayat-Ayat Al-Qur’an
dalam pelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa belajar
biologi. | en_US |