Show simple item record

dc.contributor.authorIndah Fitriawati
dc.date.accessioned2014-01-22T00:28:45Z
dc.date.available2014-01-22T00:28:45Z
dc.date.issued2014-01-22
dc.identifier.nimNIM050210102163
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/20232
dc.description.abstractEra globalisasi komunikasi dan teknologi berkembang begitu pesatnya, sehingga fisika yang mendasari dari perkembangan teknologi tersebut memang diperlukan. Untuk pemenuhan kebutuhan tersebut, yang berkaitan adalah pendidikan, maka proses pembelajaran fisika harus dikaitkan dengan teknologi dan implikasinya di masyarakat, sehingga perlu dikembangkan kajian tentang peningkatan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah dengan penerapan Strategi Pembelajaran SQ3R(Survey, Question, Read, Recite, Review) and Rolling Cognitive. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive dengan pembelajaran konvensional?; (2) Seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive?; (3) Apakah penerapan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive berpengaruh terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 1 Tenggarang? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan penerapan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive dengan pembelajaran konvensional, (2) Untuk mengetahui seberapa besar efektifitas pembelajaran fisika dengan menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive, (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive terhadap peningkatan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiment, penentuan tempat penelitian adalah dengan purposive sampling area. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tenggarang. Responden penelitian ditentukan setelah dilakukan uji homogenitas. Penentuan sampel penelitian dengan Cluster Random Sampling. Desain yang ix digunakan dalam penelitian adalah Pre-test post-test control group design. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji T untuk menjawab rumusan masalah yang pertama, uji efektifitas untuk menjawab rumusan masalah yang kedua sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga menggunakan uji aktivitas. Dari analisis data diperoleh nilai thitung > ttabel ( 4,52 > 1,99 ) sehingga hipotesis nilai (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Jadi dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar fisika pada pokok bahasan gaya gravitasi antara menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive dengan pembelajaran konvensional pada siswa SMA. Hasil penelitian uji efektifitas pembelajaran dengan menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive secara klasikal diperoleh sebesar 76,19 %, yang termasuk pada kriteria efektifitas pembelajaran yang efektif. Hasil analisis uji aktivitas siswa untuk kelas eksperimen yang dicapai secara klasikal sebesar 81,32 %. Apabila disesuaikan dengan kriteria aktivitas siswa seperti pada tabel 3.3, maka nilai 81,32 % termasuk dalam kategori aktif. Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar yang menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive dengan pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Gaya pada kelas XI SMAN 1 Tenggarang tahun ajaran 2009/2010; (2) Strategi SQ3R and Rolling Cognitive efektif diterapkan dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan Gaya pada kelas XI SMAN 1 Tenggarang tahun ajaran 2009/2010 dengan besar efektifitas mencapai 76,19%; (3) Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan Strategi SQ3R and Rolling Cognitive pada pokok bahasan Gaya pada kelas XI SMAN 1 Tenggarang tahun ajaran 2009/2010. mengalami peningkatan dan termasuk dalam kategori aktif.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102163;
dc.subjectStrategi SQ3Ren_US
dc.titlePenerapan Strategi SQ3R(Survey, Question, Read, Recite, Review) and Rolling Cognitive Pada Pembelajaran Fisika Di SMA;en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record