PENERAPAN METODE TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas X-2 SMA 1 Mumbulsari pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Permasalahan Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)
Abstract
“Penerapan Metode Tutorial untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa (Studi
Kasus Siswa Kelas X-2 SMA 1 Mumbulsari Pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok
Bahasan Permasalahan Ekonomi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2010/2011)”
Ahmad Rofik, 060210391003: 2011: 139 halaman; Program Studi Pendidikan
Ekonomi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember.
Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang menggunakan beberapa seni
dan strategi tertentu untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Dimana di
dalamnya memerlukan beberapa metode dan tekhnik yang tepat untuk mendukung
suatu pembelajaran yang efektif dan efisien disini peranan seorang guru dalam
pembelajaran sangatlah menentukan tingkat keberhasilan yang akan dicapai.
Pelaksanaan penelitian ini dirancang dengan beberapa kegiatan yang perlu
dilaksanakan dan hal yang perlu dihindari oleh guru dan siswa. penelitian ini
dilaksanakan dengan dua siklus dan dalam siklus I dilaksanakan dua pertemuan yang
kegiatannya mengobservasi siswa dan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang
menggunakan metode tutorial. adapun kegiatan yang dilakukan penliti dalam
pelaksanaan pengambilan data observasi dibantu oleh tiga orang observer yang juga
memperhatikan dan menilai berlangsungnya pembelajaran.