Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPS Melalui Strategi Bermain Jawaban Pokok Bahasan Perjuangan Melawan Penjajahan di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jember
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan salah satu hal penting bagi peningkatan
aktivitas dan hasil belajar siswa di kelas. Aktivitas belajar siswa yang rendah akan
berpengaruh pula pada hasil belajar. Hal ini yang terjadi di SDN Pancakarya 01
Ajung-Jember. Rendahnya aktivitas belajar siswa di SDN Pancakarya 01 Ajung-
Jember membuat hasil belajar siswa pun rendah. Berdasarkan nilai Ujian Tengah
Semester (UTS) siswa, 50 % siswa (19 dari 38 siswa) tidak tuntas dalam
pembelajaran IPS. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah
peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui strategi bermain
jawaban dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan
di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V melalui strategi bermain
jawaban dalam pembelajaran IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan
di SDN Pancakarya 01 Ajung-Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang
dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan meliputi kegiatan pendahuluan (refleksi
awal), perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di
SDN Pancakarya 01 Ajung Jember dengan subjek penelitian adalah siswa kelas
V.Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis
deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi bermain jawaban
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal
tersebut dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada setiap siklus
x
dan nilai tes tulis yang dilakukan setiap akhir siklus dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan.Pada siklus I, aktivitas belajar
siswa kelas V tergolong Sangat Aktif yaitu sebesar82,45%. Sedangkan hasil
belajar siswa pada siklus yang dilaksanakan melalui tes tulis menunjukkan bahwa
27 dari 38 siswa tuntas dalam pembelajaran dengan prosentase 71,05%. Pada
siklus II, aktivitas belajar siswa meningkat dari 82,45% padas iklus I menjadi
88,41% dengan kategori Sangat Aktif. Hasil belajar siswa pada siklus II juga
meningkat dari sebelumnya 71,05% pada siklus I menjadi 78,37%. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi bermain jawaban dapat
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V dalam pembelajaran
IPS pokok bahasan perjuangan melawan penjajahan.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa
pembelajaran dengan strategi bermain jawaban merupakan sebuah strategi yang
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, khususnya dalam penelitian
ini yaitu pembelajaran IPS di kelas V dengan pokok bahasan perjuangan melawan
penjajahan.
Saran dari peneliti bagi guru SD adalah hendaknya guru dapat menerapkan
strategi bermain jawaban dalam pembelajaran IPS dan mata pelajaran lainnya
dengan tujuan agar dapat lebih meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.
Bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan
penelitian yang sejenis yang nantinya diharapkan dapat melengkapi kekurangan
yang ada pada penelitian ini.