KARAKTERISTIK KEMAMPUAN PENALARAN FORMAL SISWA JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH DAN KEJURUAN NEGERI DI JEMBER TAHUN AJARAN 2008/2009
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi temuan-temuan di lapangan yang menunjukkan
bahwa kemampuan penalaran formal siswa lebih rendah dari tingkat perkembangan
kognitif yang telah ditetapkan oleh Piaget. Beberapa penelitian yang dilakukan di
Jember mendapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran formal, khususnya siswa
sekolah menengah masih sangat rendah. Di daerah Jember Kota terdapat 3 jenis
sekolah jenjang menengah yaitu SMA, MA dan SMK. Tiga jenis sekolah ini berbeda
dari segi jumlah beban belajar, kapasitas pengajaran matematika, dan lingkungannya,
sehingga ada kemungkinan tingkat kemampuan penalaran formalnya berbeda. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimanakah karakteristik tingkat
kemampuan penalaran formal siswa Jenjang Pendidikan Menengah dan Kejuruan
Negeri di Jember Kota ditinjau dari tingkat perkembangan kognitif Piaget dan
mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan penalaran formal
siswa dari ketiga jenis sekolah tersebut serta perbedaan kemampuan penalaran formal
siswa eksakta dan non eksakta. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat digunakan
sebagai pertimbangan bagi sekolah khususnya guru matematika dalam menentukan
metode pembelajaran yang digunakan.