PERANAN PUBLIC RELATIONS DALAM MENANGANI KELUHAN NASABAH KREDIT PEMILIKAN RUMAH (KPR) PADA PT. BANK TABUNGAN NEGARA (PERSERO) CABANG JEMBER
Abstract
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember merupakan perusahaan
yang bergerak dalam bidang jasa perbankan. PT. Bank Tabungan Negara (Persero)
Cabang Jember melibatkan costumer services dan loan service dalam menjalankan
komunikasi dengan publik sasaran. Customer service dan loan service PT. Bank
Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember menjalankan peranan public relations
untuk membina hubungan dengan publik sasaran dan mendukung tujuan perusahaan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peranan public
relations dalam menangani keluhan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT.
Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan paradigma kualitatif. Tahap analisis
data digunakan analisis domain dan taksonomi dengan menggunakan metode
snowball dan dalam menentukan informan, peneliti menggunakan purposive
sampling. Penarikan kesimpulan pada penelitian dilakukan secara induktif. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa public relations sebagai metode komunikasi pada
PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Jember. Customer service dan loan
service menjalankan peranan public relations dalam memberikan layanan komunikasi
terhadap nasabah. Penanganan keluhan nasabah untuk produk dana, jasa dan layanan,
produk dana dan BTN syariah diserahkan kepada customer service, sedangkan untuk
produk Kredit Pemilikan Rumah diserahkan kepada unit loan service.
Peranan public relations yang dijalankan oleh loan service dalam penanganan
keluhan nasabah kredit pemilikan rumah (KPR) adalah sebagai communication fasilitator dan problem solving process fasilitator. Peranan public relations sebagai
communication fasilitator terdiri dari beberapa penerapan komunikasi yang dilakukan
oleh loan service sebagai relationship, mediator dan back up management.