PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN PERILAKU BELAJAR TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Jember)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi di Universitas Jember Fakultas Ekonomi Jurusan S1 Akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yaitu
dengan cara pengambilan sampel menggunakan kriteria tertentu. Teknik pengolahan data yang dilakukan, menggunakan Analisis regresi linear berganda dengan bantuan SPSS Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional berpengaruh positif signifikan Tingkat Pemahaman Akuntansi dan Perilaku Belajar berpengaruh positif signifikan terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi.