dc.description.abstract | Seorang guru dalam proses kegiatan belajar mengajar harus memiliki strategi
agar anak didik dapat nelajar secara efektif dan efisien dan mengena pada tujuan yang
diharapkan. Salah satu langkah untuk memiliki strategi itu adalah harus menguasai
teknik-teknik penyajian atau metode pembelajaran.dan salah satu alternatif yang
dapat digunakan sebagai metode pembelajaran adalah metode diskusi Syndicate
group. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar dan
ketuntasan hasil belajar biologi siswa kelas VIII E semaster 2 dengan metode diskusi
Syndicate group konsep system ekskresi pada manusia.
Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap
siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Rambipuji yang terdiri dari 2 siklus. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan metode tes
yang dilaksanakan setelah pelaksanaan tiap-tiap siklus dalam bentuk tes formatif.
Proses belajar mengajar dengan metode diskusi Syindicate group cukup
berhasil dalam meningkatkan hasil belajar dari aspek kognitif maupun aspek afektif
dan psikomotor. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II
mengalami peningkatan. Pada siklus I, presentase ketuntasan untuk aspek kognitif
sebesar 58,62 % dengan rata-rata nilai sebesar 65,93 untuk aspek afektif sebesar
93,1% dengan rata-rata nilai sebesar 71,83 dan untuk aspek psikomotor sebesar
24,13 % dengan rata-rata nilai sebesar 75,6. Pada siklus II untuk aspek kognitif
presentase ketuntasannya sebesar 86,21% dengan rata-rata nilai sebesar 78,72. Aspek afektif dengan ketuntasan sebesar 96,55% dengan rata-rata nilai sebesar 87,4 dan
Aspek psikomotor dengan ketuntasan sebesar 86,2% dengan rata-rata nilai sebesar
80,1. Aspek kognitif mengalami peningkatan ketuntasan dari siklus I ke siklus II
yaitu sebesar 27,69% , aspek afektif sebesar 3,45 %, dan aspek psikomotor sebesar
62,7%.
Selama proses kegiatan belajar mengajar dengan metode diskusi Syndicate
group ini berlangsung, terlihat terjadi peningkatan interaksi siswa dalam mengikutim
pelajaran. Hal ini dibktikan dari hasil angket yang diberikan kepada siswa setelah
pelaksanaan tindakan menunjukan bahwa ang menyatakan senang dengan kegiatan
diskusi sebanyak 100%, siswa yang lebih mudah belajar biologi sebanyak 86,2%,
siswa yang lebih berminat belajar biologi sebanyak 93,1%, siswa yang lebih paham
dengan meteri pelajaran sebanyak 100%, dan siswa yang lebih dapat meningkatkan
pengetahuan belajarnya sebanyak 100%. Dari hasil di atas dapat diketahui bahwa
dengan metose diskusi Syndicate Group siswa memperoleh satu cara untuk
meningkatkan hasil belajarnya. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar siswa
dipengaruhi oleh faktor internal yaitu faktor psikologi siswa, dimana siswa lebih
senang belajar biologi, lebih meningkatkan minat siswa, bakat motif, kematangan dan
kesiapan siswa dalam mengikuti dan belajar biologi (Slameto 2003:54). Dan yang
dapat meningkatkan semangat belajar siswa sebanyak 96,6%. Dari hasil angket dapat
diketahui bahwa metode belajar yang cocok dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Hal ini membukitkan bahwa hasil belajar siswa juga dipengaruhi oleh faktor eksternal
siswa yaitu faktor sekolah dalam hal ni adalah metode yang digunakan guru dalam
mngajar, relasi siswa dengan siswa, dan metode belajar siswa sehingga semangat
belajar siswa meningkat.(Slameto 2003:54)
Dalam hal ini terjadi peningkatan hail belajar siswa dan ketuntasan belajar
siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode diskusi Syndicate group dapat
meningkatkan hasil belajar dan ketauntasan belajar siswa. | en_US |