FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PELANGGAN DALAM PEMBELIAN KARTU PRABAYAR AXIS
Abstract
Alat telekomunikasi ”handphone” saat ini memegang peranan penting pada setiap lini kehidupan. Perkembangan bisnis kartu seluler akhir-akhir ini telah menunjukkan suatu gejala, yaitu semakin banyak dan beragamnya produk kartu seluler yang ditawarkan oleh perusahaan kartu seluler seiring dengan pengembangan produk handphone yang semakin canggih.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pelanggan dalam pembelian kartu prabayar AXIS di AXIS SHOP JEMBER. Penelitian dilakukan di AXIS SHOP Jember. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah Faktor-faktor apa saja yang Mempengaruhi Keputusan Pelanggan dalam Pembelian Kartu Prabayar AXIS. Pendekatan peneitian ini adalah dengan pendekatan kuntitatif.
Berdasarkan hasil dari pembahasan yang telah di uraikan sebelumnya, bahwa
AXIS merupakan salah satu penyedia layanan jaringan seluler yang melakukan
inovasi agar dapat memenuhi permintaan konsumen ataupun pelanggan terhadap
kebutuhan komunikasi yang semakin meningkat. Untuk dapat mengetahui faktor
yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen terlebih dahulu menganalis indikator-
indikator variabel yang terdapat pada faktor Sosial, Pribadi dan psikologi terhadap
keputusan pelanggan dalam membeli produk AXIS. Indikator faktor sosialnya yaitu
mengikuti teman atau lingkungan, pengalaman orang lain, ajakan teman. Indikator
faktor pribadi yaitu harga murah, banyak manfaat, layanan yang baik. Indikator
faktor psikologi yaitu karena kebutuhan, kemudahan dalam mendapatkannya dan
merk terkenal. Dengan adanya indikator-indikator dalam faktor-faktor tersebut bahwa
variabel faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi tidak berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan membeli kartu prabayar AXIS. Dari hasil regresi
linier berganda secara simultan dan parsial bahwa faktor-faktor keputusan seseorang
untuk membeli kartu seluler prabayar AXIS yang meliputi faktor sosial, faktor
pribadi, dan faktor psikologi mempunyai pengaruh terhadap keputusan membeli kartu
prabayar AXIS.