PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN TEKNIK SKRAMBEL SISWA KELAS IV SDN KARANGREJO 02 AJARAN 2010/2011
Abstract
Keterampilan membaca menduduki posisi serta peran yang sangat penting
dalam kehidupan manusia. Membaca merupakan jembatan bagi siapa saja yang ingin
meraih kesuksesan. Memperoleh keterampilan membaca yang layak bukanlah hal
yang mudah. Apabila seseorang sudah memiliki keterampilan membaca yang
memadahi, sangat mungkin seseorang dengan mudah meraih kesuksesan.
Kenyataannya kemampuan membaca kelas IV SDN Karangrejo 02 masih rendah.
Masih 18 siswa dari 30 siswa atau 60% dari ketuntasan klasikal 75% belum bisa
menentukan tema bacaan dan menyimpulkan isi bacaan. Faktor penyebab rendahnya
keterampilan membaca siswa diduga karena minat siswa terhadap pembelajaran
tersebut. Metode mengajar guru yang kurang sesuai mengakibatkan penguasaan
bahasa Indonesia terbatas. Untuk mengatasi masalah dalam membaca pemahaman
dengan menentukan tema dan menyimpulkan isi paragraf, perlu diadakan penelitian
tindakan kelas. Teknik skrambel adalah suatu permainan yang berupa aktivitas
menyusun kembali atau pengurutan suatu struktur bahasa yang dikacaubalaukan.
Dasar pemikirannya adalah “belajar sambil bermain”bukan”bermain sambil belajar”.
Penerapan teknik skrambel yang dapat meningkatkan keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran 2010/2011 adalah
dengan membentuk kelompok siswa yang terdiri dari enam kelompok siswa yang
masing-masing kelompok beranggotakan 5 orang, kemudian siswa ditugaskan untuk
membaca teks yang telah disediakan lalu kelompok siswa ditugaskan untuk menyusun kartu paragraf yang telah diacak untuk diurutkan sesuai dengan bacaan
yang sesungguhnya.
Adapun peningkatan hasil belajar membaca pemahaman siswa setelah
digunakan teknik skrambel siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran
2010/2011 adalah terbukti dari hasil belajar yang diperoleh siswa pada siklus 1 yang
mencapai ketuntasan nilai
Berdasarkan penerapan teknik skrambel pada pembelajran membaca
pemahaman siswa kelas IV SDN Karangrejo 02 tahun pelajaran 2010/2011 terbukti
dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa yang tadinya belum bisa
memahami makna sebuah bacaan akhir bisa memahaminya dan hasil belajar siswa
pun meningkat dari sebelumnya sehingga, teknik skrambel dapat dijadikan alternatif
oleh guru dalam pembelajaran karena terbukti teknik ini dapat meningkatkan
keterampilan membaca pemahaman siswa.