PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Kegiatan belajar mengajar melibatkan beberapa komponen, yaitu peserta didik,
guru (pendidik), tujuan pembelajaran, isi pelajaran, model pembelajaran, media dan
evaluasi. Guru harus mempunyai strategi belajar mengajar agar siswa dapat belajar
secara efektif dan efisien. Salah satu strategi yang dapat menentukan keberhasilan
siswa dalam belajar adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru. Pemilihan
dan penggunaan model pembelajaran dapat menciptakan kondisi yang memudahkan
siswa untuk belajar sehingga model pembelajaran yang digunakan oleh guru dapat
membantu meningkatkan motivasi siswa selama proses pembelajaran dan sesuai
dengan karakteristik materi pelajaran yang diberikan. Jenis pembelajaran yang tepat
untuk memaksimalkan motivasi belajar siswa dan tepat untuk digunakan dalam
pembelajaran ekonomi adalah pembelajaran kooperatif numbered heads together.
Pembelajaran kooperatif merupakan pembelajaran yang menggunakan metode
diskusi sehingga dapat memberikan lingkungan belajar yang memungkinkan siswa
bekerjasama dalam satu kelompok kecil yang kemampuannya berbeda (heterogen)
untuk menyelesaikan tugas-tugas akademik. Model pembelajaran kooperatif
numbered heads together merupakan suatu bentuk model pembelajaran kooperatif
yang menggunakan metode diskusi dengan ciri khusus berupa penomoran pada
masing-masing peserta diskusi. Nomor peserta diskusi digunakan sebagai pengganti
nama selama pelaksanaan diskusi kelompok. Kelebihan numbered heads together
dibandingkan model pembelajaran koperatif lainnya yakni siswa tidak dapat menggantungkan diri pada siswa lain yang lebih pandai sebagai pembicara utama
yang akan menutupi ketidakpahaman anggota kelompok lainnya akan materi karena
presentasi dilakukan secara perseorangan. Setiap anggota kelompok memiliki
kemungkinan yang sama dalam mewakili kelompok masing-masing untuk
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas, sehingga siswa akan berusaha
memahami materi dan termotivasi untuk belajar.
Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi yaitu seluruh siswa
kelas X.A semester Gasal di Madrasah Aliyah Negeri Jember 2 sebanyak 44 siswa
terdiri dari 30 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model siklus. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara.
Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih berminat dalam mengikuti
pembelajaran ekonomi yang menggunakan model pembelajaran kooperatif Numbered
heads together, hal ini terbukti dari minat dan perhatian siswa terhadap pelajaran,
semangat dan rasa tanggung jawab siswa dalam mengerjakan tugas-tugas belajarnya,
rasa senang dalam mengerjakan tugas dari guru, dan reaksi positif yang ditunjukkan
siswa terhadap stimulus yang diberikan guru. Hasil penelitian menyatakan bahwa
skor rata – rata motivasi belajar siswa pada siklus I mencapai 2,9 dengan kategori
motivasi belajar tinggi. Pada siklus II skor rata – rata motivasi siswa mencapai 3,1
dengan kategori motivasi belajar sangat tinggi.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
model pembelajaran kooperatif Numbered heads together efektif untuk diterapkan
dalam pembelajaran ekonomi serta dapat menimbulkan terjadinya peningkatan
motivasi belajar siswa kelas X.A Madrasah Aliyah Negeri Jember 2 semester gasal
Tahun Pelajaran 2009/2010 pada pelajaran ekonomi Pokok Bahasan Sistem Ekonomi.