PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS SISWA KELAS VI SEMESTER 1 SDN SUMBERSARI 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar Sains
siswa dengan Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning)
Pada Siswa Kelas VI Semester 1 SDN Sumbersari 03 Jember Tahun Pelajaran
2009/2010. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) atau
Calassroom action research (CAR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
aktivitas dan hasil belajar sains siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke
siklus II. Pada siklus I, persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 60,72%
dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 70,54%. Peningkatan aktivitas
siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 9,82%. Sedangkan hasil belajar pada siklus
I nilai rata-rata kelas sebesar 71,62, siklus II meningkat menjadi 75,63.
Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II sebesar 4,01. Hasil
belajar Sains siswa dapat mecapai ketuntasan sesuai KKM
≥ 65 dengan
persentase ketuntasan hasil belajar siklus I sebesar 89,29%, siklus II meningkat
menjadi 92,86%. Peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus
I ke siklus II sebesar 3,57%.