dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui : (1) metode discovery
dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada energi listrik. (2) pembelajaran dengan
metode discovery pada materi IPA tentang energi listrik dapat meningkatkan
ketuntasan hasil belajar siswa. Subyek penelitian adalah siswa kelas VI SDN
Sumberwuluh 02 kecamatan Candipuro – kabupaten Lumajang yang berjumlah 19
siswa, sebagai subyek penelitian yang menerima tindakan. Metode Pengumpulan data
yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara. Data dianalisis secara
deskriptif kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah peningkatan prosentase siswa melalui
Hasil belajar siswa pada pokok bahasan energi listrik di kelas VI mengalami
peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I nilai rata-rata dari aspek kognitif
sebesar 68,95 dan pada siklus II meningkat menjadi 72,89. peningkatan nilai rata-rata
dari siklus I ke siklus II sebesar 10,26. Pembelajaran IPA dengan Metode Discovery
dapat mencapai ketuntasan sesuai dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) yang
telah ditetapkan yaitu 70 dan dengan tujuan yang ingin dicapai. Pada siklus I jumlah
siswa yang tuntas 10 siswa dengan ketuntasan klasikal 52,63% berada dalam kategori
belum tuntas. Pada siklus II meningkat jumlah siswa yang tuntas 16 siswa dengan
ketuntasan klasikal 84,21% termasuk kategori tuntas. Peningkatan persentase
ketuntasan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 31,58%. Dari hasil penelitian
yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode belajar
discovery sangat diperlukan, karena siswa sangat memerlukan pengalaman
pembelajaran secara langsung dan menemukan sendiri sesuai dengan percobaan yang
dilakukan untuk lebih memahami dan mengingat suatu kegiatan yang berhubungan
dengan materi. | en_US |