dc.description.abstract | Perkembangan bisnis jasa transportasi yang demikian cepat banyak
memberikan pilihan bagi konsumen untuk menentukan alternatif transportasi yang
dapat memenuhi kebutuhan dan aktivitas transportasi sehari-hari. Situasi ini
mendorong iklim persaingan bisnis transportasi akan semakin ketat, sehingga
menuntut setiap perusahaan jasa untuk segera membenahi dan menerapkan
manajemen pemasaran jasa yang lebih baik. Manajemen perusahaan di harapkan
dapat memenuhi kebutuhan pasar dan perhatian terhadap kepuasan layanan yang
diterima konsumen pada setiap tawaran produk jasa transportasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kereta api cantik ekspres kelas
eksutif jurusan Jember – Surabaya.
Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kuantitatif yaitu dengan
mengumpulkan data-data yang dinyatakan dengan angka-angka melalui alat ukur
yang telah ditentukan. Dalam hal ini setelah data terkumpul maka dianalisis dengan
metode statistik non parametrik, penulis menggunakan analisis Chi Square atau Chi
Kuadrat, karena analisis data digunakan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh
Kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan kelas ekskutif kereta api cantik
ekspres jurusan Jember - Surabaya. Selanjutnya dari analisis data adalah pengukuran
taraf signifikan dari hasil penelitian, mementukan taraf signifikan adalah 95% dengan
taraf kesalahan 5%. Kemudian dianalisis dengan Chi Square yang menyatakan
bahwa, “ Apabila angka X
2
hitung lebih besar atau sama dengan X
2
tabel maka Ho
ditolak dan Ha diterima (Siegel, 1997:135)”
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
http://digilib.unej.ac.id
Berdasarkan analisis Chi Kuadrat (X
2
) yang penulis gunakan dalam penelitian
ini munjukkan nilai Chi Kuadrat (X
2
) tabel sebesar 3,84 sedangkan nilai Chi Kuadrat
(X
2
) hitung sebesar 4,42. Hal ini menunjukkan bahwa Chi Kuadrat (X
)
hitung/observasi lebih besar dari Chi Kuadrat (X
2
) ( 4,42 > 3,84 ) maka dapat
dinyatakan bahwa ada pengaruh antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan
Pelanggan Kelas Ekskutif Kereta Api Cantik Ekspres Jurusan Jember - Surabaya. | en_US |