Show simple item record

dc.contributor.authorFitri Nur Meilinda
dc.date.accessioned2014-01-21T07:19:34Z
dc.date.available2014-01-21T07:19:34Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210204152
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19939
dc.description.abstractPembelajaran merupakan salah satu bentuk kegiatan individu dalam usahanya untuk memenuhi kebutuhan akademik dan non akademik. Tujuan dari belajar mengajar adalah untuk memperoleh hasil yang optimal. Tinggi atau rendahnya mutu pendidikan banyak dipengaruhi oleh kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru, karena guru secara langsung memberikan bimbingan dan bantuan kepada siswa dalam upaya mencapai tujuan pendidikan. Pembelajaran akan berhasil dan bermakna jika siswa aktif dalam proses pembelajaran. Metode make-a match dipilih sebagai metode pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini diawali dengan beberapa permasalahan yaitu bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN 9 Kilensari melalui metode make-a match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan rakyat tahun pelajaran 2011/2012 dan bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Kilensari melalui metode make-a match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan rakyat tahun pelajaran 2011/2012. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 9 Kilensari melalui metode make-a match pada mata pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan rakyat tahun pelajaran 2011/2012. Manfaat dari penellitian ini dapat menjadi bahan masukan dalam menentukan metode pembelajaran yang bervariasi dalam meningkatkan mutu pendidikan. viii Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan pada tanggal 14 Desember 2011 di SDN 9 Kilensari dan wawancara dengan guru bidang studi IPS juga siswa kelas IV, diketahui bahwa ada beberapa permasalah yang dihadapi oleh siswa kelas IV SDN 9 Kilensari yaitu: 1) nilai/ ketuntasan hasil belajar siswa rendah, 2) siswa kurang aktif. Pembelajaran IPS pada kelas IV SDN 9 Kilensari masih dalam kategori rendah. Hal ini sesuai dengan nilai tugas siswa dengan rata-rata kelas 65, dengan kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan oleh SDN 9 Kilensari adalah 70. Siswa yang tuntas mendapatkan nilai sekitar 70 sampai dengan 90 yaitu 7 orang dari 20 siswa, sedangkan siswa yang tidak tuntas berada jauh dibawah nilai standar ketuntasan yaitu sekitar 13 orang dari 20 siswa. Jadi persentase ketuntasan belajar siswa di kelas IV adalah sebagai berikut, siswa yang tuntas belajar sekitar 35% dan siswa yang tidak tuntas sekitar 65%. Siswa dikatakan tuntas secara klasikal apabila terdapat minimal 75% siswa telah mencapai nilai standar 70. Setelah guru menerapkan metode make-a match, terjadi peningkatan hasil belajar dan aktifitas siswa pada mata pelajaran IPS. Peningkatan aktiviras belajar siswa dapat dilihat dari persentase yang diperoleh sebelum tindakan sebesar 49%,dengan kriteria kurang aktif meningkat menjadi 67% dengan kriteria cukup aktif pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 83% dengan kriteria aktif pada siklus II. Penerapan metode make-a match juga meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS pokok bahasan koperasi dan kesejahteraan masyarakat di SDN 9 Kilensari Situbondo. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari persentase yang diperoleh sebelum tindakan sebesar 35% meningkat menjadi 60% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 80% pada siklus II. Saran untuk tenaga pendidik, dengan penelitian ini bisa memberikan sumbangan pemikiran dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan terutama di SDN 9 Kilensari.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204152;
dc.subjectPeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sis wa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat melalui Metode Makea Match di SDN 9 Kilensari Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.titlePeningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Sis wa Kelas IV pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Koperasi dan Kesejahteraan Rakyat melalui Metode Make-a Match di SDN 9 Kilensari Situbondo Tahun Pelajaran 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record