Penerapan Model Pembelajaran Teknik Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Kelangkaan Sumber Daya dengan Kebutuhan Manusia yang Tidak Terbatas Siswa Kelas VIIIB Semester Ganjil SMP Negeri 5 Tanggul Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)
Abstract
“Penerapan Model Pembelajaran Teknik Think Pair Share (TPS)
Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran
Ekonomi Materi
Kelangkaan Sumber Daya dengan Kebutuhan Manusia yang
Tidak Terbatas Siswa Kelas VIIIB Semester Ganjil SMP Negeri 5 TanggulJember
Tahun Pelajaran 2012/2013)”, Ahmad Syahlan Fathony, 070210301098;
2012: 61 halaman; Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Jember.
Minat merupakan suatu rasa lebih suka dari ketert
arikan pada aktivitas,
tanpa ada yang menyuruh. Minat belajar siswa dalam mengikuti pelajaran ekonomi
di SMP Negeri 5 Tanggul-Jember nampak masih kurang. Hal ini ditunjukkan dengan
sedikitnya rasa suka siswa terhadap pelajaran, partisipasi siswa dalam proses belajar
mengajar, perhatian siswa selama pelajaran berlangsung, dan ketekunan belajar
siswa. Realita di atas menunjukkan adanya kebutuhan untuk mencari solusi guna
memecahkan masalah yang terjadi. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah
dengan merubah model pembelajaran dari model konvensional ke model
pembelajaran teknik
Think Pair Share yang bertujuan untuk meningkatkan minat
belajar siswa dari rendah menjadi tinggi.