Meningkatkan Aktivitas belajar dan Ketuntasan Hasil Belajar Fisika dengan Model Kooperatif Tipe Learning Together Disertai Presentasi Tugas pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa
khususnya di bidang studi fisika. Aktivitas belajar siswa memegang peranan penting
dalam pencapaian hasil belajar yang optimal. Berdasarkan hasil observasi awal di
kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul, ditemukan aktivitas belajar siswa masih rendah.
Hal ini ditunjukan dari data hasil observasi awal diproleh 57,5% siswa yang aktif
memperhatikan penjelasan guru; 40% siswa yang aktif mencatat; 22,5% siswa yang
aktif bertanya; dan 50% siswa yang aktif menjawab pertanyaan. Jadi skor rata-rata
aktivitas belajar siswa 42,5%, untuk hasil belajar fisika siswa dari 40 siswa 30%
mendapatkan skor di bawah 50; 52,5% mendapatkan skor antara 50-75; dan hanya
17,5% siswa mendapatkan skor di atas 75.
Salah satu metode yang relevan diterapkan dalam pembelajaran fisika adalah
Model Kooperatif Tipe Learning Together Disertai Presentasi Tugas. Model ini
merupakan salah satu model yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang
pembelajaran, dengan tujuan sebagai berikut: (1) mendeskripsikan peningkatan
aktivitas belajar fisika siswa menggunakan Model Kooperatif Tipe Learning Together
disertai Presentasi Tugas pada Siswa Kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul; (2)
mendeskripsikan peningkatan ketuntasan hasil belajar fisika siswa menggunakan
Model Kooperatif Tipe Learning Together disertai Presentasi Tugas pada Siswa
Kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul.
Penelitian ini dilakukan di kelas VII-F SMP Negeri 3 Tanggul yang
didasarkan pada permasalahan proses belajar mengajar yang terjadi, yaitu rendahnya
aktivitas dan ketuntasan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah “penelitian
tindakan kelas (Classroom Action Research)”. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan post-test. Teknik
analisis data menggunakan: (1) analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara
kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian; (2) persentase aktivitas belajar
untuk menentukan aktivitas belajar siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus
II; (3) persentase ketuntasan hasil belajar untuk menentukan ketuntasan hasil belajar
siswa antara pembelajaran pada siklus I dan siklus II.
Analisis data menggunakan analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan secara
kualitatif maupun kuantitatif data hasil penelitian. Data hasil observasi yang
memperlihatkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan
perlakuan hanya mencapai 42,5%, sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah
dilaksanakan perlakuan telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan
besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 69,17%. Pada
siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan
besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 84,59%.
Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II
secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan
dengan sebelum adanya perlakuan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum
adanya perlakuan adalah sebesar 17,5%, pada pembelajaran siklus I sebesar 67,5%
dan pada siklus II sebesar 87,5%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar
siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami
peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan.
Kesimpulan penelitian ini adalah: (1) penerapan model kooperatif tipe
learning together disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil
belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-F di
SMP Negeri 3 Tanggul; (2) penerapan model kooperatif tipe learning together
disertai presentasi tugas dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa dalam
pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor kelas VII-F di SMP Negeri 3 Tanggul.