PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) MENGGUNAKAN PERMAINAN MONOPOLI MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII D SMP NEGERI 2 JENGGAWAH TAHUN AJARAN 2009/2010
Abstract
Permasalahan yang muncul berkaitan dengan pembelajaran matematika
seringkali terjadi disetiap jenjang sekolah. Salah satu sekolah yang mempunyai
permasalahan berkaitan dengan pembelajaran matematika adalah SMP Negeri 2
Jenggawah, khususnya kelas VII D. Berdasarkan observasi awal dan wawancara
singkat dengan guru bidang studi matematika kelas VII D SMP Negeri 2 Jenggawah
yang dilaksanakan tanggal 2 November 2009 menunjukkan bahwa tingkat
penguasaan siswa terhadap materi masih tergolong rendah, hal ini disebabkan karena
siswa merasa jenuh terhadap metode pembelajaran yang masih bersifat konvensional
sehingga siswa kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal tersebut terlihat
pada hasil ujian tengah semester siswa kelas VII D semester 1, bahwa ada 30% siswa
yang tidak tuntas dari kriteria ketuntasan minimum 66. Guru sebagai pendidik harus
mampu menciptakan suasana belajar yang efektif dan menyenangkan agar minat
siswa dalam proses belajar mengajar lebih maksimal dan tercapai hasil belajar yang
optimal. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses, aktivitas dan hasil belajar siswa
kelas VII D SMP Negeri 2 Jenggawah selama pembelajaran kooperatif Tipe Teams
Games Tournaments (TGT) dengan menggunakan media permainan monopoli
matematika pokok bahasan himpunan.