Show simple item record

dc.contributor.authorEka Hardian, Rhizal
dc.date.accessioned2014-01-21T06:44:21Z
dc.date.available2014-01-21T06:44:21Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM072110101065
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19893
dc.description.abstractIndeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah data dan informasi tentang tingkat kepuasan masyarakat yang diperoleh dari hasil pengukuran secara kualitatif dan kuantitatif atas pendapat masyarakat dalam memperoleh pelayanan dari aparatur penyelenggara pelayanan publik dengan membandingkan antara harapan dan kebutuhannya. Indeks Kepuasan Masyarakat diperoleh melalui pengukuran terhadap 14 unsur IKM yang meliputi prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan petugas pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, kesopanan dan keramahan petugas, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan serta keamanan pelayanan. Keempat belas unsur ini adalah unsur yang “relevan”, “valid” dan “reliabel” yang harus ada dalam pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Setiap pelayanan publik wajib melakukan pengukuran IKM secara berkala dan hal ini juga berlaku bagi Puskesmas. Puskesmas Patrang adalah salah satu Puskesmas yang berada di Kabupaten Jember dan memilki wilayah kerja di Kecamatan Patrang. Puskesmas Patrang selama ini belum pernah melaksakan pengukuran IKM. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian mengenai pengukuran IKM pada pelayanan BP Umum dikarenakan unit pelayanan ini adalah unit pelayanan yang banyak dimanfaatkan masyarakat dan terkait adanya penurunan jumlah kunjungan BP Umum selama kurun waktu tahun 2009 sampai tahun 2010. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan sampel penelitian adalah pasien BP Umum yang telah mendapatkan pelayanan, sebanyak 150 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Mei sampai Juni 2011 di unit pelayanan BP Umum Puskesmas Patrang Kabupaten Jember. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa untuk karakteristik responden, sebagian besar umur responden termasuk ke dalam kategori dewasa dini, jenis kelamin mayoritas berjenis kelamin perempuan, tingkat pendidikan mayoritas SLTA dan pekerjaan sebagian besar berprofesi sebagai wiraswasta atau usahawan. Unsur IKM yang memperoleh nilai tertinggi adalah unsur prosedur pelayanan dan unsur terendah adalah unsur kenyamanan lingkungan. Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diperoleh nilai sebesar 73,56 yang termasuk kategori baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries072110101065;
dc.subjectIndeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Pelayanan Balai Pengobatan (BP) Umum Puskesmasen_US
dc.titleINDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN BALAI PENGOBATAN (BP) UMUM PUSKESMAS PATRANG KABUPATEN JEMBER TAHUN 2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record