• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMKESMAS BAGIAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Retno Eka Pratiwi_1.pdf (71.07Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Retno Eka Pratiwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini memfokuskan pada kegiatan pelayanan pada bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan dalam pelayanan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana kualitas pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari Kabupaten Jember. Penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan data kuantitatif selama bulan Februari-Maret 2013. Nonprobability sampling adalah teknik penentuan sampel dengan tidak memberi kesempatan atau peluang yang sama kepada semua anggota populasi dan untuk lebih spesifik lagi menggunakan incidental sampling yaitu dengan mengambil sampel secara kebetulan. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan model ServQual yang dimaksudkan untuk mengukur kesenjangan antara harapan dengan persepsi pelanggan. Hasil penelitian mendapatkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus ServQual sebesar –12,5 dengan skor rata-rata tingkat harapan sebesar 81,8 dan skor rata-rata tingkat persepsi sebesar 69,2 yang dapat dikatakan bahwa pelayanan kesehatan peserta jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari adalah tidak baik karena harapan responden lebih tinggi daripada persepsi yang dirasakan. Dengan demikian, tingkat kualitas pelayanan kesehatan peserta jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari terhadap pelanggan dapat dikatakan tidak memuaskan dan sangat diperlukan upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan di semua dimensi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19843
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository