KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMKESMAS BAGIAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini memfokuskan pada kegiatan pelayanan pada bagian rawat jalan
di Puskesmas Sumbersari. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan
dalam pelayanan. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana kualitas
pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari
Kabupaten Jember. Penulis menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan data
kuantitatif selama bulan Februari-Maret 2013. Nonprobability sampling adalah teknik
penentuan sampel dengan tidak memberi kesempatan atau peluang yang sama kepada
semua anggota populasi dan untuk lebih spesifik lagi menggunakan incidental
sampling yaitu dengan mengambil sampel secara kebetulan. Teknik pengumpulan
data dengan teknik wawancara, observasi dan kuesioner. Dalam menganalisa data,
penulis menggunakan model ServQual yang dimaksudkan untuk mengukur
kesenjangan antara harapan dengan persepsi pelanggan.
Hasil penelitian mendapatkan hasil perhitungan dengan menggunakan rumus
ServQual sebesar –12,5 dengan skor rata-rata tingkat harapan sebesar 81,8 dan skor
rata-rata tingkat persepsi sebesar 69,2 yang dapat dikatakan bahwa pelayanan
kesehatan peserta jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari adalah
tidak baik karena harapan responden lebih tinggi daripada persepsi yang dirasakan.
Dengan demikian, tingkat kualitas pelayanan kesehatan peserta jamkesmas bagian
rawat jalan di Puskesmas Sumbersari terhadap pelanggan dapat dikatakan tidak
memuaskan dan sangat diperlukan upaya-upaya peningkatan kualitas pelayanan di
semua dimensi.