PENGARUH BAURAN RITEL TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PRODUK FASHION PADA MATAHARI DEPARTMENT STORE JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul “Pengaruh Bauran Ritel Terhadap Kepuasan Konsumen Produk Fashion pada Matahari Department Store Jember” dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen produk fashion, untuk mengetahui pengaruh bauran ritel terhadap kepuasan konsumen produk fashion baik secara simultan maupun parsial dan untuk mengetahui unsur bauran ritel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen produk fashion pada Matahari Department Store Jember.
Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel bauran ritel yaitu terdiri dari merchandising, price, location, promotion, physical facilities, service, dan personnel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang sebelumnya data jawaban responden yang telah diperoleh dinaikkan skalanya dari ordinal menjadi interval dan menggunakan sampel sebanyak 70 responden.
Dari uji F yang telah dilakukan diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel yaitu 16,212 > 2,1613. Sedangkan untuk uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung untuk masing - masing variabel lebih besar dari ttabel. Dan untuk nilai Adjusted R Square adalah 0,607. Hal ini berarti 60,7% kepuasan konsumen produk fashion dipengaruhi oleh variabel bauran ritel, dan sisanya (100% - 60,7% = 39,3%) dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan analisis kepuasan konsumen atas kinerja variabel bauran
ritel yang telah dilakukan, rata - rata tingkat kepuasan konsumen untuk kategori
tinggi ditunjukkan atas kinerja barang dagangan yang dijual (0,81), promosi
(0,84), fasilitas fisik (0,84), pelayanan (0,83), dan wiraniaga (0,85), sedangkan
tingkat kepuasan konsumen atas kinerja harga (0,73) tergolong kurang dan untuk
kinerja lokasi (0,79) tergolong sedang. Dan berdasarkan pengujian secara simultan
(uji F) menunjukkan bahwa bauran ritel berpengaruh nyata terhadap kepuasan
konsumen produk fashion sebesar 16,212. Pengujian secara parsial (uji t) juga
menunjukkan bahwa bauran ritel berpengaruh nyata terhadap kepuasan konsumen
produk fashion dengan variabel bauran ritel yang paling dominan sebesar 3,878.