MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SISWA KELAS II SDN MANGLI 04 MENGGUNAKAN METODE KARYAWISATA
Abstract
Menulis merupakan salah satu dari keterampilan berbahasa yang harus
dikuasai dengan baik oleh siswa. Menulis merupakan media untuk berkomunikasi
seseorang kepada orang lain. Menulis dapat melatih siswa untuk berfikir kritis dan
logis, serta dapat mengungkapkan perasaan, ide,dan gagasan
Dalam kurikulum 2006 ditegaskan bahwa salah satu standar
kompetensi yang harus dimiliki siwa kelas II semester 2 dalam pembelajaran
Bahasa Indonesia adalah menulis permulaaan dengan mendeskripsikan benda
di sekitar dan menyalin puisi anak. Adapun kompetensi dasar yang harus
dicapai adalah mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar dengan
bahasa tulis.
Siswa kelas II SDN Mangli 04 masih mengalami kesulitan dalam
menulis kalimat sederhana yang sesuai dengan ciri-ciri yang dimiliki suatu
benda, dalam proses pembelajaran siswa cenderung tidak memperhatikan
penjelasan guru, serta dalam memberikan materi guru masih murni
menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi masalah tersebut guru dapat
menggunakan metode yang bervariasi yang sesuai dengan materi maupun
karakteristik siswa.
Metode yang bervariasi dapat memberikan kondisi belajar yang
menyenangkan, meningkatkan keterampilan menulis kalimat siswa, membantu
kesulitan siswa dalam menulis kalimat, salah satu metode yang dapat
digunakan yaitu metode karyawisata, karena metode karyawisata pada
dasarnya dapat membantu siswa kelas II untuk mendeskripsikan suatu benda
dengan melihat benda yang sebenarnya