PENERAPAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA (Studi Kasus Siswa Kelas VII A SMP NURIS Jember Pada Mata Pelajaran IPS Dengan Materi Tindakan Ekonomi Berdasarkan Motif Dan Prinsip Ekonomi Tahun Ajaran 2012/2013)
Abstract
Aktivitas siswa kelas VII A SMP NURIS Jember dalam pembelajaran Ekonomi masih tergolong rendah dibandingkan dengan kelas VII lainnya. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran IPS menggunakan media sederhana (papan tulis dan bagan bagan) yang disampaikan dengan metode ceramah. Oleh karena itu penggunaan media Mind Mapping (peta konsep) sangat diperlukan. Penggunaan media media Mind Mapping (peta konsep) diharapkan dapat membantu proses pembelajaran yang selama ini di lakukan sehingga siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam kegiatan belajar mengajar Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui penerapan peta konsep untuk meningkatkan aktivitas siswa (Studi kasus siswa kelas VII A SMP NURIS Jember pada mata pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi tahun ajaran 2012/2013). 2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Nuris Jember tahun ajaran 2012/2013 melalui penerapan peta konsep pada pelajaran IPS dengan materi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi.