• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    NALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS KANIGARAN KOTA PROBOLINGGO

    Thumbnail
    View/Open
    Suryo Herwindo - 070910201059_1.pdf (74.28Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Suryo Herwindo
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kesehatan merupakan kebutuhan dasar bagi manusia sehingga menjadi hal yang wajar jika sektor kesehatan mendapat prioritas dalam penanganan dan pemenuhannya. Kesehatan adalah pelayanan publik yang bersifat mutlak dan erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat. Salah satu wujud nyata penyediaan layanan publik di bidang kesehatan adalah adanya puskesmas. Puskesmas sebagai tempat pelayanan publik yang bergerak pada sektor kesehatan seharusnya mampu untuk memenuhi kebutuhan tersebut untuk masyarakat. Dengan sistem pelayanan kesehatan yang baik puskesmas diharapkan mampu untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat baik secara kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Kualitas Pelayanan Publik di Indonesia sering kita dapati sebagai pelayanan yang kurang memuaskan di mata masyarakat. Sehingga dari situlah kualitas pelayanan harus segera dibenahi agar masyarakat tidak memberikan pandangan yang negatif terhadap pelayanan yang ada di Indonesia, tidak terkecuali dengan Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo yang merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan. Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo dituntut oleh masyarakat untuk memberikan pelayanan yang memuaskan dan sesuai dengan harapan masyarakat. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Kanigaran Kota Probolinggo yang beralamat di Jl. Cokroaminoto No. 29 Probolinggo. Penelitian dilakukan dari bulan Maret sampai dengan bulan Agustus 2012. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sedangkan sampel yang diambil dalam penelitian ini sebesar 150 orang/ responden dengan menggunakan teknik sampling sampling insidental. Selanjutnya untuk menghitung atau menganalisis data dari hasil kuesioner menggunakan pedoman penyusunan indeks kepuasan masyarakat yang mana kualitas pelayanan akan diketahui setelah mengetahui tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Indeks Kepuasan Masyarakat pada pelayanan Puskesmas Kanigaran menunjukkan mutu pelayanan dengan kategori B yang dapat dikatakan Baik. Mutu pelayanan mendapatkan kategori baik karena bila dilihat dari tabel nilai persepsi, interval IKM, Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan maka kepuasan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas Kanigaran mendapatkan nilai persepsi 3, dengan nilai interval IKM 3,06 yaitu berada pada nilai interval antara nilai 2,51 – 3,25. Apabila nilai tersebut dikonversikan ke nilai interval konversi IKM maka kepuasan masyarakat pada pelayanan Puskesmas Kanigaran mendapatkan nilai 76,52 dengan mutu pelayanan B yaitu Baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19742
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5610]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository