• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SUB POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT

    Thumbnail
    View/Open
    AB (71)a_1.pdf (532.2Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    DWI SEPTYORINI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya kualitas pendidikan matematika dapat disebabkan oleh kurang tepatnya metode pembelajaran yang dipakai oleh seorang guru, karenanya hal ini juga berakibat pada kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika yang merupakan salah satu kegiatan utama dalam pembelajaran matematika yang dapat membantu siswa untuk berpikir logis yang juga bisa meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa.Untuk itu salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa, khususnya pada sub pokok bahasan bilangan bulat adalah melalui model pembelajaran Investigasi kelompok. Penelitian adalah untuk menerapkan model pembelajaran Investigasi Kelompok serta meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika dan melihat aktivitas siswa selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Pengambilan data penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 7 Jember mulai tanggal 22 Agustus 2008 sampai tanggal 12 September 2008 dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII A. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara,lapangan, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan berupa jawaban siswa terhadap pre test, post tes 1, dan post tes 2, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan jawaban siswa terhadap wawancara yang dilakukan peneliti, dan juga analisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Investigasi Kelompok untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada sub pokok bahasan bilangan bulat di kelas VII A SMP 7 Negeri Jember yaitu berjalan dengan baik karena sesuai dengan teori yang diharapkan. Tetapi perlu diperhatikan pelaksanaannya pada langkah pembelajaran yang ketiga, yaitu pada saat proses investigasi berlangsung. Penerapan model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan prestasi siswa dan ketuntasan belajarnya. Selain itu siswa merasa senang dengan pembelajaran yang diterapkan; 2) Pembelajaran model pembelajaran Investigasi Kelompok dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada sub pokok bahasan bilangan bulat yang meliputi pemahaman terhadap masalah dan juga cara penyelesaian siswa terhadap masalah matematika, khususnya pada sub pokok bahsan bilangan bulat. Hal ini juga mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa. Yang ditunjukkan pada analisis aktivitas siswa (bertanya, menulis, kerja sama, diskusi, dan presentasi) dari siklus I dan siklus II; 3) Pembelajaran Matematika pada sub pokok bahasan bilangan bulat diperoleh presentase ketuntasan belajar (kognitif) secara klasikal sebesar 87,5 %. Penerapan model pembelajaran ini juga mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika pada sub pokok bahasan bilangan bulat. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dari penyelesaian soal pre tes, untuk kemampuan pemahaman masalah sebesar 65%, membuat rencana sebesar 32,5%, melaksanakan rencana 32,5%, dan mengecek kembali sebesar 2,5%. Untuk kemampuan pemecahan masalah matematika dari penyelesaian soal post tes 1, untuk kemampuan pemahaman masalah sebesar 100%, membuat rencana sebesar 71,05%, melaksanakan rencana 68,42%, dan mengecek kembali sebesar 21,05%. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika dari penyelesaian soal post tes 2, untuk kemampuan pemahaman masalah sebesar 100%, membuat rencana sebesar 100%, melaksanakan rencana 90 %, dan mengecek kembali sebesar 37,5%
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19733
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository