• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENINGKATAN HASIL BELAJAR SIFAT BANGUN DATAR SEGITIGA MELALUI METODE DISCOVERY DENGAN ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SDN SUMBER WARU 03 KECAMATAN WARU KABUPATEN PAMEKASAN

    Thumbnail
    View/Open
    kip(31)x_1.pdf (218.1Kb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    AHMAD FAQIH
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Kenyataan yang terjadi menunjukan bahwa pembelajaran matematika di SD hanya untuk tujuan yang sesuai dengan kurikulum, guru cenderung menggunakan teknik pembelajaran yang mononton sehingga membuat siswa kurang menyenangi pelajaran matematika dan akibatnya hasil belajar menjadi rendah.Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui penerapan metode discovery dengan pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 (2) untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam penerapan metode discovery dengaan pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 (3) untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran matematika realistik pokok bahasan Sifat Bangun Datar segitiga untuk Siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03.Penelitian ini dilaksanakan di Kelas V SDN Sumber Waru 03 kecamatan Waru Kabupaten Pamekasan yang terdiri 25 siswa pada tanggal 15 dan 22 Maret 2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan / implementasi tindakan, pengamatan dan refleksi dengan kriteria keberhasilan minimal rata-rata aktivitas siswa 70 %, aktivitas guru 80 %, ketuntasan belajar siswa 80 %.Pada siklus I aktivitas siswa sebesar 58 %, aktivitas guru 79,5 % dan hasil ketuntasan belajar siswa masih sebesar 68 %. Karena indikator keberhasilan masih belum tercapai, maka perlu dilanjutkan dalam siklus II, dan hasilnya aktivitas siswa meningkat menjadi 72 %, aktivitas guru 83,3 % dan ketuntasan belajar siswa 92 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa melalui implementasi metode discovery dengan alat peraga dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar sifat bangun datar segitiga siswa Kelas V SDN Sumber Waru 03 Kec.Waru.Kab.Pamekasan. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan agar seorang guru dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif, siswa diajak berpartisipasi aktif dalam pembelajaran.Salah satunya yaitu dengan menggunakan metode discovery. Guru diharapkan dapat menggunakan media atau alat peraga pembelajaran untuk
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19732
    Collections
    • UT-Faculty of Mathematics and Natural Sciences [3447]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository