ANALISIS BRAND ASSOCIATION DALAM MEMBENTUK BRAND IMAGE ROKOK MEREK KOMET DI JEMBER
Abstract
Penelitian dengan judul Analisis Brand Association dalam Membentuk
Brand Image Rokok Merek Komet di Jember memiliki tujuan untuk mengetahui
analisis brand association dalam membentuk citra merek (brand image) pada
Rokok Komet di Jember.
Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
explanatory yang bertujuan untuk mengetahui brand association dalam
membentuk citra merek (brand image) Rokok Merek Komet di Jember. Penelitian
ini menjelaskan hubungan antar variabel brand association yang akan membentuk
citra merek (brand image). Populasi dari penelitian ini adalah konsumen Rokok
Merek Komet di Jember. Dari populasi ini akan diambil suatu sampel yang akan
menjadi responden dalam penelitian ini. Metode pengambilan sampel yang
digunakan adalah metode Purposive sampling. Analisis data yang digunakan
antara lain uji instrumen validitas dan reliabilitas dan uji Cochran.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa asosiasi merek dalam membentuk
brand image Rokok Merek Komet di Jember antara lain harganya terjangkau,
promosinya menarik, tersedia di berbagai toko/agen, mudah di dapat dalam
pembelianya, cita rasa yang enak, mereknya sudah dikenal, mudah di terima
keberadaannya, memberikan rasa bangga, dan pengaruh kebiasaan masyarakat.
Berdasarkan hasil analisis data di atas dapat disimpulkan bahwa asosiasi
merek yang dapat membentuk citra merek (brand image) Rokok Merek Komet di
Jember adalah harganya terjangkau, promosinya menarik, tersedia di berbagai
toko/ agen, mudah di dapat dalam pembelianya, cita rasa yang enak, dan
mereknya sudah dikenal. Sedangkan asosiasi merek yang tidak membentuk citra
merek (brand image) Rokok Merek Komet di Jember adalah mudah di terima
keberadaannya, memberikan rasa bangga, dan pengaruh kebiasaan masyarakat.