PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DENGAN MENGGUNAKAN METODE BUZZ GROUP DAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN JENIS-JENIS PEKERJAAN DI SDN GLUNDENGAN 04 JEMBER
Abstract
Metode Buzz Group dan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan
Jenis-Jenis Pekerjaan di SDN Glundengan 04 Jember. Ahmad Yusron Habibi; NIM
080210204310; 2011; 78 Halaman; Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi S1
Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Univeritas
Jember.
Mata pelajaran IPS merupakan perpaduan konsep-konsep ilmu pengetahuan
ini menyebabkan penyampaian dan penerimaan siswa dalam pembelajaran
mengalami kendala-kendala, hal ini disebabkan karena sebagian besar dari guru lebih
sering menggunakan metode ceramah dan kurang menggunakan media pembelajaran
dalam meyampaian materi pelajaran di sekolah. Hal ini menimbulkan kesulitan
tersendiri dalam proses belajar mengajar baik itu dialami oleh guru yang
menyampaikan materi atau siswa sebagai subjek penerima materi pelajaran karena
guru masih beranggapan bahwa pembelajaran IPS hanya bersifat hafalan, sehingga
hanya cukup dengan membaca, menulis, menerangkan, dan mengerjakan soal.