dc.description.abstract | Kegiatan belajar pembelajaran di SDN Umbulsari 02 Jember kurang
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut
disebabkan selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dikarenakan
kurangnya fasilitas yang diberikan sekolah. Menurut hasil wawancara awal dengan
siswa kelas IV bahwa pada saat pembelajaran terutama pelajaran IPS, siswa selalu
disuruh untuk menghafal materi dan mencatatnya pada buku tulis sehingga siswa
merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk
mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang
bervariasi.
Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu metode yang masingmasing
anggota kelompok secara acak ditugaskan untuk menjadi “ahli (expert)” pada
suatu aspek tertentu dari materi, setelah membaca materi “ahli” dari kelompok berbeda
berkumpul untuk mendiskusikan topik mereka dan kemudian kembali ke kelompok
semula untuk mengajarkan topik yang mereka kuasai kepada teman sekelompoknya.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pokok bahasan macammacam
sumber
daya
alam
siswa
kelas
IV
SDN
Umbulsari
02
Jember
Tahun
Pelajaran
2011/2012?,
(2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan
macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?,
dan (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam-macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?.
Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS
pokok bahasan macam-macam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02
Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa
melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPS
pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun
Pelajaran 2011/2012, dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPS pokok
bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran
2011/2012.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember yang terdiri
dari 30 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan
sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan
dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2011 sampai
dengan 10 Nopember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Umbulsari 02
Jember.. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,08% dalam kategori
cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 67,50% dalam kategori aktif. Persentase
hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,67% dan pada siklus II hasil belajar siswa
secara klasikal mencapai 71,17%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90%
sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN
Umbulsari 02 Jember.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas
dan hasil belajarnya. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar
20,42%, sedangan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 7,50%. Oleh karena itu
penelitian di SDN Umbulsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan
pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sebaiknya
guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan
pelajaran IPS. | en_US |