Show simple item record

dc.contributor.authorEka Yuliani
dc.date.accessioned2014-01-21T05:14:01Z
dc.date.available2014-01-21T05:14:01Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM080210204286
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19671
dc.description.abstractKegiatan belajar pembelajaran di SDN Umbulsari 02 Jember kurang meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dikarenakan kurangnya fasilitas yang diberikan sekolah. Menurut hasil wawancara awal dengan siswa kelas IV bahwa pada saat pembelajaran terutama pelajaran IPS, siswa selalu disuruh untuk menghafal materi dan mencatatnya pada buku tulis sehingga siswa merasa bosan dan jenuh. Oleh karena itu, guru kelas harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi. Model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw adalah suatu metode yang masingmasing anggota kelompok secara acak ditugaskan untuk menjadi “ahli (expert)” pada suatu aspek tertentu dari materi, setelah membaca materi “ahli” dari kelompok berbeda berkumpul untuk mendiskusikan topik mereka dan kemudian kembali ke kelompok semula untuk mengajarkan topik yang mereka kuasai kepada teman sekelompoknya. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pokok bahasan macammacam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, (2) Bagaimanakah peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?, dan (3) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS pokok bahasan macam-macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran IPS pokok bahasan macam-macam sumber daya alam siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, (2) Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPS pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012, dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPS pokok bahasan macam- macam SDA kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember yang terdiri dari 30 siswa. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 29 Oktober 2011 sampai dengan 10 Nopember 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Umbulsari 02 Jember.. Pada siklus I, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 47,08% dalam kategori cukup aktif, sedangkan pada siklus II sebesar 67,50% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 63,67% dan pada siklus II hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 71,17%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 90% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Umbulsari 02 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajarnya. Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 20,42%, sedangan hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 7,50%. Oleh karena itu penelitian di SDN Umbulsari 02 Jember tuntas. Beberapa saran berkaitan dengan pembelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, sebaiknya guru terus berupaya mencari alternatif terbaik bagi siswanya dalam menyampaikan pelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204286;
dc.subjectAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAWen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUIPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN MACAM-MACAMSUMBER DAYA ALAM KELAS IV SDN UMBULSARI 02 JEMBER AHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record