ANALISIS BREAK EVENT SEBAGAI DASAR KEBIJAKSANAAN PENETAPAN HARGA JUAL YANG TEPAT DALAM MENGOPTIMALKAN PROFITABILITAS PADA PT. MAYA MUNCAR BANYUWANGI
Abstract
Penelitian ini mengambil judul Anaisis Break event sebagai dasar kebijaksanaan
penetapan harga jual yang tepat dalam mengoptimalkan profitabilitas pada PT.Maya Muncar
Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan besarnya laba
PT.Maya Muncar pada tahun 2013 dan harga jual yang tepat dalam optimalkan profitabilitas
setiap produk. Obyek dari penelitian ini adalah PT.Maya Muncar yang berlokasi di Dukuh
Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Periode data yang
digunakan adalah data tiga tahun terakhir mulai dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012.
Penelitian ini menitikberatkan pada penentuan laba di masa yang akan datang yaitu tahun
2013 serta penentuan harga jual pada perolehan laba maksimal dan profitabilitas setiap
produk terhadap keuntungan yang didapat (Contribution Margin Ratio). Dalam
penyusunan Anaisis Break event sebagai dasar kebijaksanaan penetapan harga jual yang tepat
dalam mengoptimalkan profitabilitas pada PT.Maya Muncar Banyuwangi,
metode analisis yang digunakan yaitu metode Analisis Break Even Point.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BEP untuk untuk produk Makarel 1 adalah
Rp 1.631.992.454 dan 7.418 karton, untuk produk Makarel 2 adalah Rp 3.458.438.241 dan
19.430 karton. Sarden 1 adalah Rp 4.311.018.414 dan 19.393 karton dan untuk produk
Sarden 2 adalah Rp57.319.079 dan 2.382 karton. PT.Maya Muncar pada tahun 2013 akan
mendapatkan laba adalah Rp 5.215.189.577, maka PT.Maya Muncar harus memperhatikan
tindakan sesuai ramalan atau estimasi. Volume penjualan yang harus dicapai Volume
penjualan yang harus dicapai untuk produk Makarel 1 adalah 38.852 karton, untuk produk
Makarel 2 adalah 65.371 karton, Sarden 1 adalah 20.441 karton dan untuk produk Sarden 2
adalah 14.702 karton.Untuk memeperoleh laba maksimal PT Maya Muncar harus
menetapkan harga jual yang tepat. Harga jual yang tepat untuk produk Makarel 1 adalah Rp.
249.252/ karton, produk jenis Makarel 2 adalah Rp.225.130/ karton, produk Sarden 1 adalah
Rp.222.500/ karton, dan sarden 2 adalah Rp.153.205 / karton. Tingkat Contribution Margin
Ratio setiap produk setelah ditetapkan harga baru untuk produk Makarel 1 adalah 35,46%,
untuk produk Makarel 2 adalah 42,19%, untuk produk Sarden 1 adalah 30,99% dan untuk
produk Sarden 2 adalah 28,38%,.