• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    ANALISIS BREAK EVENT SEBAGAI DASAR KEBIJAKSANAAN PENETAPAN HARGA JUAL YANG TEPAT DALAM MENGOPTIMALKAN PROFITABILITAS PADA PT. MAYA MUNCAR BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    Medika Silvyda Hidayat - 070810201224_1.pdf (2.874Mb)
    Date
    2014-01-21
    Author
    Medika Silvyda Hidayat
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini mengambil judul Anaisis Break event sebagai dasar kebijaksanaan penetapan harga jual yang tepat dalam mengoptimalkan profitabilitas pada PT.Maya Muncar Banyuwangi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menentukan besarnya laba PT.Maya Muncar pada tahun 2013 dan harga jual yang tepat dalam optimalkan profitabilitas setiap produk. Obyek dari penelitian ini adalah PT.Maya Muncar yang berlokasi di Dukuh Sampangan Desa Kedungrejo Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi. Periode data yang digunakan adalah data tiga tahun terakhir mulai dari tahun 2010 sampai dengan tahun 2012. Penelitian ini menitikberatkan pada penentuan laba di masa yang akan datang yaitu tahun 2013 serta penentuan harga jual pada perolehan laba maksimal dan profitabilitas setiap produk terhadap keuntungan yang didapat (Contribution Margin Ratio). Dalam penyusunan Anaisis Break event sebagai dasar kebijaksanaan penetapan harga jual yang tepat dalam mengoptimalkan profitabilitas pada PT.Maya Muncar Banyuwangi, metode analisis yang digunakan yaitu metode Analisis Break Even Point. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa BEP untuk untuk produk Makarel 1 adalah Rp 1.631.992.454 dan 7.418 karton, untuk produk Makarel 2 adalah Rp 3.458.438.241 dan 19.430 karton. Sarden 1 adalah Rp 4.311.018.414 dan 19.393 karton dan untuk produk Sarden 2 adalah Rp57.319.079 dan 2.382 karton. PT.Maya Muncar pada tahun 2013 akan mendapatkan laba adalah Rp 5.215.189.577, maka PT.Maya Muncar harus memperhatikan tindakan sesuai ramalan atau estimasi. Volume penjualan yang harus dicapai Volume penjualan yang harus dicapai untuk produk Makarel 1 adalah 38.852 karton, untuk produk Makarel 2 adalah 65.371 karton, Sarden 1 adalah 20.441 karton dan untuk produk Sarden 2 adalah 14.702 karton.Untuk memeperoleh laba maksimal PT Maya Muncar harus menetapkan harga jual yang tepat. Harga jual yang tepat untuk produk Makarel 1 adalah Rp. 249.252/ karton, produk jenis Makarel 2 adalah Rp.225.130/ karton, produk Sarden 1 adalah Rp.222.500/ karton, dan sarden 2 adalah Rp.153.205 / karton. Tingkat Contribution Margin Ratio setiap produk setelah ditetapkan harga baru untuk produk Makarel 1 adalah 35,46%, untuk produk Makarel 2 adalah 42,19%, untuk produk Sarden 1 adalah 30,99% dan untuk produk Sarden 2 adalah 28,38%,.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19645
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12462]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository