dc.description.abstract | P
e
ndidi
ka
n
mer
upa
ka
n
ba
gian
int
e
gr
a
l
d
a
l
a
m
pe
mbanguna
n.
P
r
oses
pe
ndidi
ka
n
tak
da
pa
t
dipi
sa
hka
n
da
ri
pr
oses
pe
mbanguna
n
it
u
se
n
diri.
Kunc
i
pe
mbanguna
n
masa
me
nda
tang
ba
gi
ba
ngsa
I
n
done
sia
a
da
lah
pe
ndidi
ka
n,
se
ba
b
de
nga
n
pe
ndidi
ka
n
di
ha
ra
pka
n
s
e
ti
a
p
indi
vidu
da
pa
t
meningka
tka
n
kua
li
tas
ke
be
ra
d
a
a
nn
y
a
da
n
ma
mpu
membe
rda
y
a
ka
n
po
tensi
a
lam
se
rta
li
ngkun
ga
n
de
ng
a
n
ba
ik.
Tujua
n
da
ri
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
da
lah
untuk
meningka
tkan
a
kti
vit
a
s
be
laja
r
B
iol
ogi
de
nga
n
pe
ne
r
a
p
a
n
mode
l
p
e
mbela
jar
a
n
ARI
AS
p
a
da
sis
wa
ke
las
X
I
I
P
A
4
MAN
1
J
e
mber
da
n
untuk
m
e
n
ingkatka
n
ha
sil
b
e
laja
r
B
iol
ogi
de
nga
n
p
e
ne
r
a
pa
n
model
pe
mbela
jar
a
n
ARI
AS
p
a
d
a
sis
wa
ke
las X
I
I
P
A 4
MAN
1 J
e
mber
.
J
e
nis
pe
ne
li
ti
a
n
y
a
ng
digunaka
n
a
da
l
a
h
pe
ne
li
ti
a
n
ti
nda
ka
n
ke
las.
P
e
ne
li
ti
a
n
dil
a
kuka
n
di
MAN
1
J
e
mber
.
W
a
ktu
pe
ne
li
ti
a
n
dil
a
ksana
ka
n
pa
d
a
se
me
ster
ge
na
p
bulan
Apr
il
sa
mpai
Mei
tahun
a
jar
a
n
2012/2013.
S
ubjek
pe
ne
li
ti
a
n
ini
a
d
a
lah
sis
wa
ke
las
X
I
I
P
A
4
MAN
1
J
e
mber
de
nga
n
jum
lah
sis
wa
35
sis
w
a
y
a
it
u
26
sis
wa
pe
re
mpuan
da
n
9
sis
wa
laki
laki.
P
e
ng
umpul
a
n
da
ta
dil
a
kuka
n
de
nga
n
me
ngguna
ka
n
metode
obser
va
si,
wa
wa
nc
a
ra
,
tes,
da
n
dok
umenta
si.
P
e
ne
li
ti
a
n
in
i
dil
a
kuka
n
se
ba
n
y
a
k
dua
sikl
us,
s
e
ti
a
p
sikl
us
ter
diri
da
ri
taha
p
pe
re
n
c
a
n
a
a
n,
p
e
laksa
na
a
n
tin
da
ka
n,
obser
va
si,
d
a
n
re
fle
ksi.
An
a
li
sis
da
ta
y
a
ng
dil
a
k
uka
n
y
a
it
u
a
kti
vit
a
s
be
laja
r
sis
wa
y
a
ng
dipe
role
h
d
e
n
ga
n
mengguna
k
a
n
lemba
r
obse
rv
a
si
akti
vit
a
s
si
sw
a
da
n
h
a
sil
be
laja
r
siswa
y
a
ng
ter
diri
da
ri
a
spek
kognit
if,
a
fe
k
ti
f,
da
n
psi
komot
or
ik.
Ha
sil
pe
ne
li
ti
a
n
menunjukka
n
pe
ningkata
n
a
kti
v
it
a
s
da
lam
pe
ne
ra
pa
n
m
o
de
l
pe
mbela
jar
a
n
ARI
AS
p
a
da
sis
wa
ke
las
X
I
I
P
A
4
MAN
1
J
e
mber
.
P
a
da
a
kti
vit
a
s
mempe
rha
ti
ka
n
pe
laja
ra
n
pa
da
pr
a
sikl
us
se
be
sa
r
70,71%
,
sikl
us
I
se
be
sa
r
80%
meningkat menjadi 87,14% pada siklus II, dengan demikian perhatian siswa terhadap
pelajaran terjadi peningkatan sebesar 9,43%. Aktivitas bertanya atau menjawab
pertanyaan juga meningkat dari siklus pra siklus yang sebesar 55,71% menjadi
64,29% pada siklus I, serta pada siklus II sebesar 71,71%, atau meningkat sebesar
16%. Pada aktivitas mencatat meningkat sebesar 8,58% yaitu dari pra siklus 85,71%,
siklus I sebesar 90% menjadi 94,29% pada siklus II. Aktivitas diskusi meningkat
sebesar 16,72% dari pra siklus 55,71% menjadi 66,08% pada siklus I, serta 72,43%
pada siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar aspek
kognitif pada pra siklus sebesar 73,09, siklus I sebesar 77,49 dan pada siklus II
sebesar 80,40 dan mengalami peningkatan sebesar 7,31%. Pada aspek afektif juga
mengalami peningkatan sebesar 8,34% yaitu dari pra siklus 71,23, siklus I sebesar
75,39 menjadi 79,57 pada siklus II. Terakhir pada aspek psikomotorik yang juga
mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 72,20, siklus I sebesar 76,90 dan pada
siklus II menjadi 78,45 atau meningkat sebesar 6,25%.
Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar dengan penerapan
model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember yaitu pada
aspek kognitif pada pra siklus sebesar 62,86%, siklus I sebesar 77,14%, dan siklus II
85,71%, terjadi peningkatan sebesar 22,85%. Pada aspek afektif mengalami kenaikan
22,72% dari pra siklus sebesar 57,14%, siklus I yaitu 77,14%, dan siklus II sebesar
82,86%. Adapun pada aspek psikomotor dengan ketuntasan pada pra siklus sebesar
68,57%, siklus I yaitu 77,14% dan siklus II yaitu 85,71%, dengan demikian terjadi
peningkatan sebesar 17,14%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 di MAN 1
Jember dan dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar yang ditentukan. Diharapkan
dengan adanya penelitian mengenai model pembelajaran ARIAS ini, guru hendaknya
dapat menerapkan dan melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |