Show simple item record

dc.contributor.authorNur Amida Kr ian a
dc.date.accessioned2014-01-21T05:01:39Z
dc.date.available2014-01-21T05:01:39Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM090210103073
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19641
dc.description.abstractP e ndidi ka n mer upa ka n ba gian int e gr a l d a l a m pe mbanguna n. P r oses pe ndidi ka n tak da pa t dipi sa hka n da ri pr oses pe mbanguna n it u se n diri. Kunc i pe mbanguna n masa me nda tang ba gi ba ngsa I n done sia a da lah pe ndidi ka n, se ba b de nga n pe ndidi ka n di ha ra pka n s e ti a p indi vidu da pa t meningka tka n kua li tas ke be ra d a a nn y a da n ma mpu membe rda y a ka n po tensi a lam se rta li ngkun ga n de ng a n ba ik. Tujua n da ri pe ne li ti a n ini a da lah untuk meningka tkan a kti vit a s be laja r B iol ogi de nga n pe ne r a p a n mode l p e mbela jar a n ARI AS p a da sis wa ke las X I I P A 4 MAN 1 J e mber da n untuk m e n ingkatka n ha sil b e laja r B iol ogi de nga n p e ne r a pa n model pe mbela jar a n ARI AS p a d a sis wa ke las X I I P A 4 MAN 1 J e mber . J e nis pe ne li ti a n y a ng digunaka n a da l a h pe ne li ti a n ti nda ka n ke las. P e ne li ti a n dil a kuka n di MAN 1 J e mber . W a ktu pe ne li ti a n dil a ksana ka n pa d a se me ster ge na p bulan Apr il sa mpai Mei tahun a jar a n 2012/2013. S ubjek pe ne li ti a n ini a d a lah sis wa ke las X I I P A 4 MAN 1 J e mber de nga n jum lah sis wa 35 sis w a y a it u 26 sis wa pe re mpuan da n 9 sis wa laki laki. P e ng umpul a n da ta dil a kuka n de nga n me ngguna ka n metode obser va si, wa wa nc a ra , tes, da n dok umenta si. P e ne li ti a n in i dil a kuka n se ba n y a k dua sikl us, s e ti a p sikl us ter diri da ri taha p pe re n c a n a a n, p e laksa na a n tin da ka n, obser va si, d a n re fle ksi. An a li sis da ta y a ng dil a k uka n y a it u a kti vit a s be laja r sis wa y a ng dipe role h d e n ga n mengguna k a n lemba r obse rv a si akti vit a s si sw a da n h a sil be laja r siswa y a ng ter diri da ri a spek kognit if, a fe k ti f, da n psi komot or ik. Ha sil pe ne li ti a n menunjukka n pe ningkata n a kti v it a s da lam pe ne ra pa n m o de l pe mbela jar a n ARI AS p a da sis wa ke las X I I P A 4 MAN 1 J e mber . P a da a kti vit a s mempe rha ti ka n pe laja ra n pa da pr a sikl us se be sa r 70,71% , sikl us I se be sa r 80% meningkat menjadi 87,14% pada siklus II, dengan demikian perhatian siswa terhadap pelajaran terjadi peningkatan sebesar 9,43%. Aktivitas bertanya atau menjawab pertanyaan juga meningkat dari siklus pra siklus yang sebesar 55,71% menjadi 64,29% pada siklus I, serta pada siklus II sebesar 71,71%, atau meningkat sebesar 16%. Pada aktivitas mencatat meningkat sebesar 8,58% yaitu dari pra siklus 85,71%, siklus I sebesar 90% menjadi 94,29% pada siklus II. Aktivitas diskusi meningkat sebesar 16,72% dari pra siklus 55,71% menjadi 66,08% pada siklus I, serta 72,43% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada pra siklus sebesar 73,09, siklus I sebesar 77,49 dan pada siklus II sebesar 80,40 dan mengalami peningkatan sebesar 7,31%. Pada aspek afektif juga mengalami peningkatan sebesar 8,34% yaitu dari pra siklus 71,23, siklus I sebesar 75,39 menjadi 79,57 pada siklus II. Terakhir pada aspek psikomotorik yang juga mengalami peningkatan dari pra siklus sebesar 72,20, siklus I sebesar 76,90 dan pada siklus II menjadi 78,45 atau meningkat sebesar 6,25%. Hasil penelitian menunjukkan ketuntasan hasil belajar dengan penerapan model pembelajaran ARIAS pada siswa kelas XI IPA 4 MAN 1 Jember yaitu pada aspek kognitif pada pra siklus sebesar 62,86%, siklus I sebesar 77,14%, dan siklus II 85,71%, terjadi peningkatan sebesar 22,85%. Pada aspek afektif mengalami kenaikan 22,72% dari pra siklus sebesar 57,14%, siklus I yaitu 77,14%, dan siklus II sebesar 82,86%. Adapun pada aspek psikomotor dengan ketuntasan pada pra siklus sebesar 68,57%, siklus I yaitu 77,14% dan siklus II yaitu 85,71%, dengan demikian terjadi peningkatan sebesar 17,14%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA 4 di MAN 1 Jember dan dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar yang ditentukan. Diharapkan dengan adanya penelitian mengenai model pembelajaran ARIAS ini, guru hendaknya dapat menerapkan dan melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090 210103073;
dc.subjectPe n e r ap an M od e l P e m b e lajar an A R IA S ( A ss u ran c e , R e lev an c e , In tere st, A sses sm e n t, a n d S at isfac ti on )en_US
dc.titlePe n e r ap an M od e l P e m b e lajar an A R IA S ( A ss u ran c e , R e lev an c e , In tere st, A sses sm e n t, a n d S at isfac ti on ) u n t u k M e n in gk at k an Aktivi ta s d an Hasi l B e lajar B iol ogi S is w a Kelas XI IPA 4 M AN 1 Je m b e ren_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record