PENGARUH IKLAN SEPEDA MOTOR YAMAHA INJECTION (V-IXION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember)
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengaruh Iklan Sepeda Motor Yamaha Injection
(V-ixion) terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Wilayah Perkotaan
Kabupaten Jember). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh iklan Sepeda Motor Yamaha Injection (V-ixion) yang terdiri dari
dimensi variabel isi iklan, struktur iklan, format iklan, dan sumber iklan terhadap
Keputusan Pembelian baik secara simultan maupun parsial di Wilayah Perkotaan
Kabupaten Jember. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat di Wilayah
Perkotaan Kabupaten Jember sebagai pengambil keputusan dan bukan pengambil
keputusan pembelian pada Sepeda Motor Yamaha Injection (V-ixion) yang
memenuhi persyaratan metode pengambilan sampel. Metode pengambilan sampel
penelitian ini menggunakan purposive sampling dan jumlah sebanyak 90 orang.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer yang diperoleh dari
kuesioner yang diisi oleh responden. Analisis data dalam penelitian ini
menggunakan metode analisis regresi logistik dengan bantuan program SPSS.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara simultan iklan sepeda motor
Yamaha Injection (V-ixion) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
di Wilayah Perkotaan Kabupaten Jember. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis
dengan menggunakan Likelihood Ratio Test menunjukkan nilai Negelkerke
R-Square sebesar 0,499. Secara parsial diketahui bahwa variabel isi iklan, format
iklan dan sumber iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
sepeda motor Yamaha Injection (V-ixion) di Wilayah Perkotaan Kabupaten
Jember yang dibuktikan dengan nilai signifikansi kurang dari 0,05. Sedangkan
variabel struktur iklan tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian sepeda motor Yamaha Injection (V-ixion) di Wilayah Perkotaan
Kabupaten Jember.