Show simple item record

dc.contributor.authorDWI RINI ANDRIATI
dc.date.accessioned2014-01-21T04:49:20Z
dc.date.available2014-01-21T04:49:20Z
dc.date.issued2014-01-21
dc.identifier.nimNIM070210204245
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/19604
dc.description.abstractKeberhasilan suatu tujuan pendidikan sangat dipengaruhi oleh keberhasilan kegiatan belajar disekolah. Daya serap siswa yang kurang pada mata pelajaran IPS akan berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa di sekolah disebabkan oleh beberapa faktor antara lain: metode pembelajaran yang digunakan guru di kelas cenderung monoton dan kurang menarik, penggunaan alat peraga/media jarang sekali digunakan, sehingga siswa kurang memahami pelajaran IPS. Pembelajaran dengan menggunakan media gambar adalah pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran karena dengan dengan media gambar siswa dapat melihat benda-benda konkritnya, sehingga akan memudahkan siswa untuk memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini dilakukan di SDN Bintoro 02 Jember. Subyek penelitian yaitu di kelas IV dengan jumlah 37 siswa. Desain yang dipakai dalam penelitian ini adalah model Hopkins berbentuk spiral dengan tahap penelitian tindakan yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data yang diperoleh dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan pembelajaran sebelumnya. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata persentase keaktivan siswa sebesar 49, 6%, dan hasil belajar siswa sebesar 58%. Pada siklus II aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat dengan persentase keaktivan siswa sebesar 76,13% sedangkan hasil belajar siswa dengan persentase sebesar 79,73%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada kelas IV SDN Bintoro 02 Jember Tahun Ajaran 2009/2010.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204245;
dc.subjectPembelajaran, Media Gambaren_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR DI KELAS IV SDN BINTORO 02 PATRANG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2009/2010 (POKOK BAHASAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI )en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record